dc.description.abstract |
Ardiana, Sustiani (2022) Implementasi Model TEBAK Untuk Meningkatkan
Aktivitas, Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV SDN 2
Paya. Skripi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen
Pembimbing Diani Ayu Pratiwi, M.Pd.
Kata Kunci : TEBAK , Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar.
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar,
keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Hal tersebut disebabkan
kurangnya perlibatan siswa dalam pembelajaran, siswa kesulitan mengerjakan
soal secara berkelompok, siswa belum memahami konsep materi dan siswa hanya
menghapalkan materi. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan
menerapkan model pembelajaran TEBAK dalam pembelajaran. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mendeskripsikan perbaikan kualitas aktivitas guru, menganalisis
aktivitas belajar, peningkatan keterampilan berpikir kritis dan peningkatan hasil
belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan
jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2
Paya yang berjumlah 10 siswa terdiri dari 7 orang siswa laki-laki dan 3 orang
siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Data kualitatif
diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan keterampilan
berpikir kritis siswa sedangkan, data kuantitatif diperoleh dari teknik pengukuran
tes tertulis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif
analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, gambar dan interpretasi
dengan persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas
guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar siswa
dari pertemuan I sampai pertemuan IV dan mencapai standar yang diharapkan
sesuai dengan indikator keberhasilan. Pada pertemuan IV, faktor aktivitas guru,
aktivitas siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa telah mencapai persentase
100?ngan kriteria “Sangat Baik, Sangat Aktif dan Sangat Terampil”. Hasil
belajar siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan IV dengan ketuntasan
klasikal 100%.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan
model TEBAK dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa,
keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala
sekolah, guru dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai
referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan
aktivitas dan keterampilan berpikir kritis yang berdampak pada peningkatan hasil
belajar siswa. |
|