Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN IMAGE DI KELAS V SDN KUIN SELATAN 1 BANJARMASIN

Show simple item record

dc.contributor.author Yunita Dewi
dc.date.accessioned 2023-02-23T16:46:12Z
dc.date.available 2023-02-23T16:46:12Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/37653
dc.description.abstract ABSTRAK Dewi, Yunita 2021.Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Muatan IPS Menggunakan Model Pembelajaran IMAGE di Kelas V SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Suhaimi, M.Pd Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Muatan IPS, IMAGE Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam 3 tahun terakhir dimana >50% siswa mendapatkan nilai <65 (KKM) yang disebabkan oleh pembelajaran tidak menggali pada keseharian siswa, siswa tidak mampu berpikir logis dan kritis, tidak mampu berpikir inkuiri reflektif, dan siswa tidak memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama, dan berkompetisi dalam kelas. Jika dibiarkan, maka mengakibatkan proses dan hasil pembelajaran IPS di sekolah dasar tidak akan mengalami peningkatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa pada materi Karakteristik Geografis Indonesia Sebagai Negara Kepulauan/Maritim menggunakan Kombinasi Model Inkuiri, Mind Mapping, dan Make a Match. Metodologi penelitian dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Setting penelitian yakni siswa kelas VB tahun ajaran 2020/2021 di SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin dengan jumlah siswa 12 orang yang terdiri dari 8 laki-laki dan 4 perempuan. Instrumen data yang digunakan yaitu berupa pengamatan aktivitas guru dan siswa serta butir-butir soal untuk evaluasi hasil belajar siswa. Cara pengumpulan data melalui observasi selama proses pembelajaran dan teknik analisis datanya berupa distribusi, frekuensi, persentase dan deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran berhasil terlaksana dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa secara klasikal dalam mengikuti pembelajaran berhasil mencapai kriteria seluruh siswa sangat aktif. Sedangkan hasil belajar siswa secara klasikal berhasil mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan yakni ?82% siswa mencapai ketuntasan 100%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi model Inkuiri, Mind Mapping, dan Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan hipotesis diterima. Disarankan kepada guru agar menjadikan hasil penelitian sebagai alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pada materi Karakteristik Geografis Indonesia Sebagai Negara Kepulauan/Maritim menggunakan kombinasi model Inkuiri, Mind Mapping, dan Make a Match.
dc.title MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN IMAGE DI KELAS V SDN KUIN SELATAN 1 BANJARMASIN


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account