Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI GAYA DAN GERAK MEMGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS IV SDN SUNGAI JINGAH 1 BANJARMASIN UTARA

Show simple item record

dc.contributor.author Era Yulita Sari
dc.date.accessioned 2023-02-23T16:46:15Z
dc.date.available 2023-02-23T16:46:15Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/37654
dc.description.abstract ABSTRAK Sari, Era Yulita. (2022). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Materi Gaya dan Gerak Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL) dan Group Investigation (GI) pada Siswa Kelas IV SDN Sungai Jinggah 1 Banjarmasin Utara . Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pra Sekolah Dasar dan Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing: Drs. Radiansyah, M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Pengukuran Sudut, Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL) dan Group Investigation (GI) Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada materi pengukuran sudut. Hal tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang terlaksana hanya menggunakan metode penyampaian saja tanpa adanya demonstrasi, pembelajaran yang bersifat satu arah dan siswa tidak dilibatkan secara langsung sehingga siswa belum mendapatkan pengalaman konkrit dalam pembelajaran. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu melalui kombinasi model Problem Based Learning (PBL) dan Group Investigation (GI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbaikan kualitas aktivitas guru, menganalisis peningkatan aktivitas siswa dan menganalisis peningkatan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SDN Sungai Jinggah 1 Banjarmasin Utara yang berjumlah 10 orang siswa terdiri dari 7 orang siswa laki-laki dan 3 orang siswa perempuan pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa kemudian menggunakan data kuantitatif yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kualitas aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 24 (baik) meningkat menjadi 34 (sangat baik) pada pertemuan 4, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 30% (kurang aktif) pada pertemuan 1 dan meningkat menjadi 100% pada pertemuan 4, serta hasil belajar secara klasikal mencapai 30% pada pertemuan 1 dan meningkat menjadi 100% pada pertemuan 4. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan aktivitas guru terlaksana sangat baik, aktivitas siswa sudah sangat aktif dan hasil belajar telah mencapai ketuntasan secara individu dan klasikal. Disarankan dengan penggunaan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Group Investigation (GI) tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.
dc.title MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI GAYA DAN GERAK MEMGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS IV SDN SUNGAI JINGAH 1 BANJARMASIN UTARA


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account