Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP TOMAT SISWA DALAM MUATAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL BATAMAT DI KELAS IVB SDN GAMBUT 2

Show simple item record

dc.contributor.author Nataliya
dc.date.accessioned 2023-02-23T16:50:39Z
dc.date.available 2023-02-23T16:50:39Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/37697
dc.description.abstract ABSTRAK Nataliya 2022. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap TOMAT Siswa dalam Muatan PPKn Menggunakan Model BATAMAT di Kelas IVB SDN Gambut 2. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Ari Hidayat, M.Pd. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Sikap TOMAT, Hasil Belajar, Model BATAMAT Masalah yang terjadi di kelas IVB SDN Gambut 2 adalah rendahnya aktivitas siswa, belum memaksimalkan siswa berpikir kritis, penggunaan strategi pembelajaran yang kurang tepat, dan belum menekankan pembiasaan sikap tolong, maaf serta terima kasih. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model BATAMAT. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB SDN Gambut 2 Tahun Ajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa 15 orang terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Data yang di ambil berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes tertulis dan data kualitatif yang diperoleh melalui observasi aktivitas guru, siswa, keterampilan berpikir kritis, dan sikap tolong, maaf serta terima kasih. Hasil penelitian menunjukkan hasil aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari skor 27 dengan kriteria cukup baik menjadi 46 dengan kriteria sangat baik. Observasi aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 secara klasikal meningkat dari 33,33?ngan kriteria kurang aktif menjadi 93,33?ngan kriteria sangat aktif. Observasi keterampilan berpikir kritis siswa pada pertemuan 1 sampai 4 secara klasikal meningkat dari 20,00?ngan kriteria kurang kritis menjadi 93,33?ngan kriteria sangat kritis. Observasi sikap tolong, maaf, dan terima kasih siswa pada pertemuan 1 sampai 4 secara klasikal meningkat dari 33,33?ngan kriteria belum terlihat menjadi 100?ngan kriteria membudaya. Hasil belajar aspek kognitif siswa secara klasikal pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 33,33% menjadi 100%, Hasil belajar aspek afektif siswa secara klasikal pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 46,67% menjadi 100%. Hasil belajar aspek psikomotorik siswa secara klasikal pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 33,33% menjadi 93,33%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model BATAMAT dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis siswa, sikap tolong, maaf, terima kasih dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru, siswa dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis siswa, sikap tolong, maaf, terima kasih dan hasil belajar siswa.
dc.title MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP TOMAT SISWA DALAM MUATAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL BATAMAT DI KELAS IVB SDN GAMBUT 2


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account