Repo Mhs ULM

DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA PGRI 1 BANJARMASIN

Show simple item record

dc.contributor.author Siti Anisa
dc.date.accessioned 2023-02-23T16:51:57Z
dc.date.available 2023-02-23T16:51:57Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/37710
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi mengenai proses pembelajaran yang dilakukan secara daring (dalam jaringan) disebabkan wabah Covid-19 yang terjadi di kota Banjarmasin. Sehingga dalam proses pembelajaran terjadi perubahan yang awalnya dilakukan secara luring (luar jaringan) kini berubah menjadi daring. Dengan demikian guru dituntut untuk dapat menggunakan teknologi di bidang pendidikan agar dapat berlangsungnya pembelajaran daring. Penelitian ini berfokus pada penggunaan google classroom sebagai media pembelajaran serta dampak dari penggunaan google classroom terhadap keterampilan komunikasi peserta didik. Permasalahan yang muncul ketika pembelajaran daring menggunakan media google classroom adalah tidak adanya respon yang dilakukan oleh peserta didik ketika pembelajaran berlangsung, peserta didik kurang memahami materi pembelajaran dan pembelajaran yang bersifat monoton. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang menghasilkan gambaran fakta mengenai dampak penggunaan media google classroom terhadap keterampilan komunikasi peserta didik dalam pembelajaran sejarah di SMA PGRI 1 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan oleh peneliti diantaranya observasi, wawancara dan studi dokumen. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) penggunaan media google classroom dalam pembelajaran sejarah di SMA PGRI 1 Banjarmasin sudah berjalan dengan baik namun belum dilakukan secara maksimal dalam penggunaan fitur yang tersedia pada google classroom, (2) dampak negatif yang dirasakan peserta didik tidak adanya interaksi antar guru dan peserta didik sehingga menurunnya keterampilan komunikasi, kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran serta pembelajaran yang bersifat monoton membuat peserta didik kurang bersemangat dalam belajar. (3) dampak positif yang dirasakan peserta didik meningkatnya minat baca dan bertambahnya kemampuan teknologi bagi peserta didik. Kata kunci: Media Google Classroom, Keterampilan Komunikasi, Pembelajaran Sejarah
dc.title DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA PGRI 1 BANJARMASIN


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account