Repo Mhs ULM

LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK BIBLIOEDUKASI UNTUK MENINGKATKAN ACADEMIC HARDINESS SISWA PADA MASA PENDEMI COVID 19 DI SMPN 9 BANJARMASIN

Show simple item record

dc.contributor.author Lilis Karlina
dc.date.accessioned 2023-02-23T16:52:42Z
dc.date.available 2023-02-23T16:52:42Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/37714
dc.description.abstract Siswa yang memiliki academic hardiness yang tinggi secara umum akan memiliki keterampilan khusus yang ditunjukan untuk penguatan diri mereka ketika mengalami tekanan pada kegiatan akademik..Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui serta menganalisis keberhasilan dalam menggunakan teknik biblio-edukasi melalui layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan academic hardiness siswa kelas IX di SMP Negeri 9 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK) dengan menggunakan mix methods dan dilaksanakan dengan tiga siklus. Setiap siklus terdiri darri tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun sampel diperoleh menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan sampel kelas IX yang berjumlah 4 orang siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan diantaranya: lembar observasi beserta rubrik, dan angket academic hardiness. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada setiap siklus, untuk aktivitas peneliti mencapai kategori “baik”, untuk aktivitas siswa mencapai kategori “aktif” serta hasil tindakan dari pelaksanaan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik biblioedukasi mencapai kategori “berhasil”.
dc.title LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK BIBLIOEDUKASI UNTUK MENINGKATKAN ACADEMIC HARDINESS SISWA PADA MASA PENDEMI COVID 19 DI SMPN 9 BANJARMASIN


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account