dc.description.abstract |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa. Permasalahan yang terjadi di SDN Tabing Rimbah 1 pada siswa kelas IV adalah rendahnya hasil belajar siswa pada muatan IPS Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan kombinasi model Group Investigation, SAVI, dan Make A Match. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama empat pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Tabing Rimbah 1 tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa 20 orang. Penelitian dilakukan pada muatan IPS Tema Indahnya Keragaman di Negeriku. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan data kuantitatif berupa observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan tes hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan kombinasi model Group Investigation, SAVI, dan Make a Match maka aktivitas guru pada pertemuan I sampai IV meningkat dari 65,62 menjadi 96,8 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I sampai IV meningkat dari 65,17 menjadi 89,6 dengan kategori sangat aktif. Hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik juga mencapai ketuntasan 100%. |
|