Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MUATAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION, DIRECT INTRUCTION DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS V SDN SUNGAI JINGAH 7 BANJARMASIN

Show simple item record

dc.contributor.author Risky Nor Latifah
dc.date.accessioned 2023-02-23T16:57:51Z
dc.date.available 2023-02-23T16:57:51Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/37763
dc.description.abstract Permasalahan siswa dalam pembelajaran PPKn materi Keberagaman Sosial Budaya Masyarakat di kelas V SDN Sungai Jingah 7 Banjarmasin yaitu rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa karena hasil belajar siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan, siswa belum terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa kurang percaya diri dan siswa belum dapat berpikir kritis. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa tersebut yaitu memperbaiki proses pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model Group Investigation, Direct Intruction dan Talking Stick. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Sungai Jingah 7 Banjarmasin tahun ajaran 2021/2022. Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai kriteria Baik, pertemuan 2 mencapai kriteria Baik, pertemuan 3 mencapai kriteria Sangat Baik, dan pertemuan 4 mencapai kriteria Sangat Baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai 50%, pertemuan 2 mencapai70 %, pertemuan 3 mencapai 80%, dan pertemuan 4 mencapai 90%. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswaaspek kognitif pada pertemuan 1 mencapai 40%, pertemuan 2 mencapai 60%, pertemuan 3 mencapai 70%, dan pertemuan 4 mencapai 90%. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa aspek afektif pada pertemuan 1 meningkat dari 50% menjadi 100%, Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa aspek psikomotorik pertemuan 1 meningkat dari 30% menjad 80%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model Group Investigation, Direct Intruction dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, sehingga hipotesis dapat diterima. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lain agar dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
dc.title MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MUATAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION, DIRECT INTRUCTION DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS V SDN SUNGAI JINGAH 7 BANJARMASIN


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account