Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL COGAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Show simple item record

dc.contributor.author Akhmad Zein Muqarrabin
dc.date.accessioned 2023-02-23T16:58:13Z
dc.date.available 2023-02-23T16:58:13Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/37770
dc.description.abstract Muqarrabin, Akhmad Zein. 2022. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Cogan Pada Siswa Sekolah Dasar. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Fathul Jannah, M.Pd. Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Cogan Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, dan hasil belajar siswa materi sifat-sifat bangun ruang pada siswa kelas V UPTD SD Negeri 1 Liang Anggang. Penyebab dari masalah tersebut adalah kurangnya pemahaman siswa, minat yang rendah pada Matematika, dan pembelajaran berpusat pada guru. Solusinya yaitu model Cogan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, dan siswa serta peningkatan hasil belajar menggunakan model Cogan. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 4 pertemuan di kelas V UPTD SD Negeri 1 Liang Anggang yang berjumlah 16 orang siswa. Data dihasilkan dari lembar observasi dan tes hasil belajar. kemudian diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masig indikator keberhasilan aktivitas guru dan siswa serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan terdapat peningkatan, pada pertemuan 1 mendapatkan skor 24 kriteria “Baik”, meningkat menjadi kriteria “Sangat Baik” dengan skor 35 pada pertemuan 4. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh “Cukup Aktif” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi kriteria “Sangat Aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I memperoleh 44?n meningkat pada pertemuan 4 memperoleh 94%. Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Cogan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penggunaan model Cogan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
dc.title MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL COGAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account