dc.description.abstract |
ABSTRAK
Dewi,Gusrina.2022.Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Sumber Energi Dengan Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning, Picture and Picture, dan Numbered Head Together pada Siswa Kelas IV SDN Pekapuran Raya 5 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Drs. Radiansyah, M.Pd.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Picture and Picture, dan Numbered Head Together
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi sumber energi. Hal ini disebabkan karena siswa tidak terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran, pembelajaran kurang menarik bagi siswa dan pembelajaran kurang menekankan keaktifan. Maka dari itu, diperlukan solusi seperti menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Picture and Picture, dan Numbered Head Together. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa dan peningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini dilaksanakan dengan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Pekapuran Raya 5 Banjarmasin tahun ajaran 2021/2022, dengan jumlah siswa sebanyak 16 orang, terdiri dari 8 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas guru mencapai kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa mencapai kategori “Sangat Aktif”, dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai ?80% siswa mendapat nilai ?70.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 23 (baik), meningkat menjadi 30 (sangat baik) pada pertemuan 4, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 50% (kurang aktif) pada pertemuan 1 dan meningkat menjadi 94% (sangat aktif) pada pertemuan 4, serta hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 38% pada pertemuan 1 dan meningkat menjadi 100% pada pertemuan 4. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, serta hasil belajar meningkat dan mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Picture and Picture, dan Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil temuan dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Problem Based Learning, Picture and Picture, dan Numbered Head Together berhasil meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Disarankan dalam penggunaan kombinasi model Problem Based Learning, Picture and Picture, dan Numbered Head Together dapat dijadikan sebagai salah satu referensi alternatif dalam meningkatkan aktivitas yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. |
|