Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MENGGUNAKAN KOMBINASI PICTURE AND PICTURE DAN SNOWBALL THROWING SISWA KELAS 5 SDN HARIANG KABUPATEN TABALONG

Show simple item record

dc.contributor.author Adita Fitria Ramadhani
dc.date.accessioned 2023-02-23T17:00:10Z
dc.date.available 2023-02-23T17:00:10Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/37787
dc.description.abstract Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa pasif saat pembelajaran IPA, siswa kurang menunjukkan rasa ingin tahu terhadap lingkungan sekitar, siswa belum terampil dalam memecahkan masalah dalam muatan IPA Peristiwa dalam Kehidupan sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Hal ini disebabkan karena guru jarang menggunakan model dan media pembelajaran, pembelajaran kurang mengaitkan lingkungan sekitar, guru kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran. Solusi untuk masalah tersebut adalah dengan menggunakan kombinasi Picture and Picture dan Snowball Throwing. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis hasil belajar siswa tentang materi Peristiwa dalam Kehidupan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setting penelitian ini dilaksanakan di Kelas 5 SDN Hariang dengan jumlah 14 siswa, 8 laki-laki dan 6 perempuan. Teknik pengambilan data dengan cara observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, untuk mengetahui hasil belajar siswa dilakukan tes tertulis. Indikator keberhasilan aktivitas guru apabila mencapai skor ?30 dengan kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa apabila secara klasikal mencapai ?80% siswa berada pada kriteria “Sangat Aktif”, hasil belajar dianggap tuntas apabila secara klasikal mencapai ?80% siswa memperoleh nilai ?70. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada Pertemuan terakhir meningkat menjadi Sangat Baik. Aktivitas siswa pada Pertemuan terakhir berada pada kriteria Sangat Aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I memperoleh 14,3?n meningkat pada pertemuan III memperoleh 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, terjadi peningkatan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan kombinasi Picture and Picture dan Snowball Throwing. Disarankan kepada guru untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam muatan IPA tentang materi Peristiwa dalam Kehidupan di kelas 5 untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan kombinasi Picture and Picture dan Snowball Throwing.
dc.title MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MENGGUNAKAN KOMBINASI PICTURE AND PICTURE DAN SNOWBALL THROWING SISWA KELAS 5 SDN HARIANG KABUPATEN TABALONG


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account