Repo Mhs ULM

META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK 

Show simple item record

dc.contributor.author Dianita Wahyu Rahmandani
dc.date.accessioned 2023-02-23T17:01:17Z
dc.date.available 2023-02-23T17:01:17Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/37798
dc.description.abstract Kajian mengenai dampak model pembelajaran kooperatif kepada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik banyak dilakukan dengan berbagai variasi hasil penelitian. Metode yang digunakan yaitu metode meta analisis untuk mendeskripsikan besar pengaruh dari model pembelajaran kooperatif kepada kemampuan pemahaman konsep matematis dengan karakteristik studi berupa tipe model pembelajaran kooperatif, jenjang pendidikan dan materi yang diajarkan. Data diperoleh melalui proses seleksi yang memenuhi standar inklusi tertentu. Software yang dapat membantu adalah Comprehensive Meta-Analysis (CMA). Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa: (1) Model pembelajaran kooperatif berpengaruh besar kepada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan nilai effect size sebesar 0,917 pada kategori efek besar; (2) Besarnya dampak pengaplikasian model pembelajaran kooperatif berdasarkan tipe model pembelajaran kooperatif dimana model Probing promting dan CRH mempunyai pengaruh yang sangat besar dibandingkan tipe lainnya; (3) Besar dampak pengaplikasian model pembelajaran kooperatif berdasarkan jenjang pendidikan lebih berpengaruh pada jenjang SMA dibandingkan pada jenjang SMP dengan nilai effect size sebesar 1,097 pada kategori efek besar; (4) Berdasarkan materi yang diajarkan, pengaruhnya berada pada kategori efek besar dengan pelajaran yang sangat berpengaruh adalah barisan dan deret.
dc.title META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK 


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account