Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI FAKTOR PENYEBAB PENJAJAHAN BANGSA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL PESONA TAKTIK PADA KELAS V SDN BERANGAS BARAT 3

Show simple item record

dc.contributor.author Muliana
dc.date.accessioned 2023-02-23T17:02:25Z
dc.date.available 2023-02-23T17:02:25Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/37809
dc.description.abstract Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa memahami materi IPS cukup lemah karena keterbatasan media pembelajaran, pembelajaran yang dilakukan guru tidak mengembangkan pembelajaran dua arah dan monoton sehingga kurangnya aktivitas siswa yang berdampak pada penururnan hasil belajar Oleh karena itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran menggunakan model Pesona Taktik (Problem Solving, Numbered Head Together dan Talking Stick) dengan tujuan mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa di kelas V SDN Berangas Barat 3. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 4 pertemuan. Setting penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Berangas Barat 3 tahun pelajaran 2021/2022, dengan jumlah siswa 12 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui hasil belajar siswa. Analisis data dihitung berdasarkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru telah terlaksana dengan sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai 42?lam kriteria kurang aktif, pertemuan 2 mencapai 58?lam kriteria cukup aktif, pertemuan 3 mencapai 83?lam kriteria sangat aktif dan pertemuan 4 mencapai 100?lam kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai 58%, pertemuan 2 mencapai 67%, pertemuan 83?n pertemuan 4 100%. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan model Pesona Taktik (Problem Solving, Numbered Head Together dan Talking Stick) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Berangas Barat 3. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti lain mengkombinasikan model pembelajaran yang lebih menekankan kepada pemecahan masalah, aktif mempresentasikan hasil diskusi dan menyimpulkan pembelajaran IPS agar proses pembelajaran menjadi lebih baik.
dc.title MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI FAKTOR PENYEBAB PENJAJAHAN BANGSA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL PESONA TAKTIK PADA KELAS V SDN BERANGAS BARAT 3


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account