dc.description.abstract |
ABSTRAK
Pada era digital 4.0 berbagai informasi mudah didapatkan melalui internet yang
dapat diakses melalui Smartphone. Informasi dan ilmu pengetahuan dapat
dimanfaatkan peserta didik untuk memudahkan dalam pembelajaran secara
efektif dan efisien. Guru sebagai pengajar dan penyedia sumber belajar dapat
mengakses berbagai jenis sumber belajar. Salah satu bahan ajar yang dapat
menjadi pilihan yaitu E-Module. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
kesesuaian, kelayakan, keterbacaan, dan respon peserta didik terhadap hasil
pengembangan Bahan Ajar Konsep Sistem Koordinasi Pada Manusia di SMA
Berbentuk E-Module Berbasis Aplikasi Android. Penelitian ini merupakan
penelitian dan pengembangan model 4D yang dilakukan dalam 4 tahapan yaitu,
1) Define, 2) Design, 3) Develop, dan 4) Disseminate, dengan tahap pelaksanaan
sampai disseminate secara terbatas. Subjek penelitian adalah 3 ahli dan 3 peserta
didik kelas XII MIA SMAN 1 Alalak. Instrumen penelitian berupa angket
(kesesuaian, kelayakan, keterbacaan, dan respon peserta didik). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Bahan Ajar Konsep Sistem Koordinasi Pada Manusia di
SMA berbentuk E-Module berbasis aplikasi android yang dikembangkan
memperoleh nilai kesesuaian sebesar 4,43 yang tergolong “sangat sesuai”, nilai
kelayakan sebesar 4,35 yang tergolong “sangat layak”, nilai keterbacaan sebesar
4,79 yang tergolong “sangat baik” dan nilai respon peserta didik sebesar 4,70
yang tergolong “sangat positif”. Pengembangan bahan pembelajaran konsep
Sistem Koordinasi pada Manusia berbentuk E-Module berbasis aplikasi android
sebaiknya dapat diakses dari berbagai platform IT.
Kata kunci : Bahan Ajar, E-Module, Sistem Koordinasi Pada Manusia |
|