Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL IKAN NILA PADA SISWA KELAS V SDN PENGAMBANGAN 3

Show simple item record

dc.contributor.author Linda Novita Dewi
dc.date.accessioned 2023-02-23T17:03:18Z
dc.date.available 2023-02-23T17:03:18Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/37816
dc.description.abstract Dewi, Linda Novita. 2022. Meningkatkan Aktivitas, Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Muatan PPKn Menggunakan Model IKAN NILA Pada Siswa Kelas V SDN Pengambangan 3. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar dan Model IKAN NILA. Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa terhadap muatan PPKn pada siswa kelas V SDN Pengambangan 3. Penyebab dari masalah tersebut adalah Pembelajaran bersifat satu arah, Interaksi antar siswa masih kurang terlaksana, Pembelajaran kurang menarik dan menyenangkan serta kurang bermakna bagi siswa, dan Siswa kurang terbiasa belajar dengan kelompok. Solusi dalam mengatasi masalah diatas adalah dengan melakukan pembelajaran menggunakan model IKAN NILA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsiskan aktivitas guru dan menganalisis aktivitas siswa, motivasi dan hasil belajar muatan PPKn materi keragaman sosial budaya masyarakat pada siswa kelas V SDN Pengambangan 3. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan, dilaksakan di kelas V SDN Pengambangan 3 yang berjumlah 15 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan tes. Analisis data berupa analisis deskriptif dan crosstable. Indikator keberhasil aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai skor ?30, aktivitas siswa mencapai skor ?25 atau berada pada kriteria sangat baik dan apabil dilihat secara klasikal mencapai 76?ngan kategori hampir seluruhnya aktif, motivasi belajar mencapai skor ?34 atau berada pada kriteria sangat tinggi dan apabila dilihat secara klasikal mencapai 76?ngan kriteria hampir seluruhnya termotivasi, hasil belajar siswa mencapai nilai minimal ?65 secara individual, serta ketuntasan klasikal siswa mencapai nilai 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan sudah terlaksana dari skor 24 kriteria “Baik”, menjadi skor 36 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan, pada pertemuan 1 memperoleh 53% kriteria “Sebagian Besar Aktif” dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 100% kriteria “Seluruhnya Sangat Aktif”. Kemudian motivasi belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 47% kriteria “Sebagian Kecil Termotivasi” dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 100% kriteria “Seluruhnya Termotivasi Sangat Tinggi”. Begitu pula hasil belajar siswa secara individual pada pertemuan 1 memperoleh 40?n meningkat pada pertemuan 3 menjadi 93%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model IKAN NILA dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru hasil penelitian ini dapat menjadi salah satu alternatif pertimbangan dalam memilih model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang ada dikelasnya. Selanjutnya saran untuk kepala sekolah hasil penelitian ini dapat dijadikan alternatif dalam memberikan pelatihan dan pemahaman kepada guru-guru dalam melakukan pengembangan profesi berkaitan dengan peningkatan kemampuan merancang proses pembelajaran yang inovatif serta memberikan tambahan informasi untuk memilih model yang tepat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Kemudian saran untuk penelitian selanjutnya hasil penelitian ini sebagai bahan referensi bagi peneliti selanjutnya dalam melaksanakan penelitian tentang penggunaan kombinasi model IKAN NILA.
dc.title MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL IKAN NILA PADA SISWA KELAS V SDN PENGAMBANGAN 3


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account