Abstract:
Abstrak
Iqbal, Muhammad. 2022 .” Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Volume dengan Model Problem Pair Mathematics Project pada SDN Batu Mulia 2” Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing : Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Aktivasi dan Hasil Belajar, Problem Based Learning (PBL), Think Pair Share ( TPS), dan Missouri Mathematics Project (MMP)
Permasalahan yang terjadi pada SDN Batu Mulia 2 tingkat aktivitas peserta didik dalam belajar matematika materi volume bangun ruang masih sangat rendah, sehingga berakibat ketuntasan hasil belajar sangat rendah di bawah nilai KKM (65). Penyebab dari permasalahan tersebut adalah pendidik belum sepenuhnya menggunakan strategi dan model permbelajaran yang bervariasi dalam proeses pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan digunakan kombinasi model Problem Based Learning (PBL), Think Pair Share ( TPS), dan Missouri Mathematics Project (MMP) Pemeilihan model pembelajaran PBL, TPS, dan MMP dengan tujuan pembelajaran lebih banyak melibatkan secara aktif peserta didik dalam belajar, baik secara individu maupun kelompok. sehingga meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas, faktor yang diteliti adalah aktivitas pendidik, peserta didik, dan hasil belajar pada proses pembelajaran matematika materi volume bangun ruang tabung dan kerucut dengan model Problem Pair Mathematics Project pada SDN Batu Mulia 2 Kecamatan Panyipatan Kabupaten Tanah Laut.
Hasil Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas V SDN Batu Mulia 2 pada pertemuan pertama siklus 1 ini pendidik memperoleh kreteria Baik. Pada pertemuan kedua siklus 1 pendidik memperoleh kreteria “Sangat Baik”. Tingkat keaktifan peserta didik pada siklus 1 pertemuan pertama aktif pertemuan kedua sangat aktif dan pertemuan ketiga pada siklus 2 mencapai sangat aktif.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran Pronlem Based Learning, Think Pair Share, dan Missouri Mathematics Project dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik materi bangun ruang di kelas V SD Batu Mulia 2 di Kabupaten Tanah Laut aktivitas pendidik dapat terlaksana dengan baik, aktivitas peserta didik meningkat, dan hasil belajar peserta didik meningkat. Saran yang dikemukakan peneliti agar dapat menjadi alternatif pendidik untuk memperbaiki pembelajaran guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.