Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW DRTA DAN TALKING STICK KELAS IV SDN KARANG SARI 

Show simple item record

dc.contributor.author Amelia Risnawati
dc.date.accessioned 2023-02-23T17:05:25Z
dc.date.available 2023-02-23T17:05:25Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/37836
dc.description.abstract Risnawati, Amelia. 2022. “Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Menggunakan Model Jigsaw, DRTA dan Talking Stick Kelas IV SDN Karang Sari”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. Asrani, M.Pd. Kata Kunci: Aktivitas, Keterampilan Membaca Pemahaman, Jigsaw, DRTA dan Talking Stick. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan keterampilan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih bersifat konvensional dimana guru masih menggunakan metode pembelajaran ceramah dan masih bersifat satu arah, sehingga hasil belajar siswa masih di bawah KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65. Oleh karena itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan solusi menggunakan kombinasi model pembelajaran Jigsaw, DRTA dan Talking Stick . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, keterampilan membaca pemahaman dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitan Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus 4 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Karang Sari dengan jumlah siswa sebanyak 14 orang. Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui hasil belajar siswa. Analisis data dihitung berdasarkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai kriteria baik, pertemuan 2 mecapai kriteria baik, pertemuan 3 mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan 4 mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan 2 mencapai kriteria aktif, pertemuan 3 mencapai kriteria sangat aktif, dan pertemuan 4 mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai kriteria belum tuntas, pertemuan 2 mencapai kriteria belum tuntas, pertemuan 3 mencapai kriteria belum tuntas, dan pertemuan 4 mencapai kriteria tuntas. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Jigsaw, DRTA dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa, dan hasil belajar siswa mengenai keterampilan membaca pemahaman. Berdasarkan hasil penelititan ini disarankan kepada guru agar digunakan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran Bahasa Indonesia atau yang lain.
dc.title MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW DRTA DAN TALKING STICK KELAS IV SDN KARANG SARI 


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account