dc.description.abstract |
Risnawati, Amelia. 2022. “Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Membaca
Pemahaman Siswa Menggunakan Model Jigsaw, DRTA dan Talking Stick
Kelas IV SDN Karang Sari”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah
Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung
Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. Asrani, M.Pd.
Kata Kunci: Aktivitas, Keterampilan Membaca Pemahaman, Jigsaw, DRTA dan
Talking Stick.
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan keterampilan
membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang
mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih
bersifat konvensional dimana guru masih menggunakan metode pembelajaran
ceramah dan masih bersifat satu arah, sehingga hasil belajar siswa masih di bawah
KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65. Oleh karena itu, perlu dilakukan inovasi
pembelajaran dengan solusi menggunakan kombinasi model pembelajaran Jigsaw,
DRTA dan Talking Stick . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis
aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, keterampilan membaca pemahaman
dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang
digunakan adalah Penelitan Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan
dalam 2 siklus 4 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN
Karang Sari dengan jumlah siswa sebanyak 14 orang. Jenis data penelitian ini
adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari melalui
observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui hasil
belajar siswa. Analisis data dihitung berdasarkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan
hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1
mencapai kriteria baik, pertemuan 2 mecapai kriteria baik, pertemuan 3 mencapai
kriteria sangat baik, dan pertemuan 4 mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa
pada pertemuan 1 mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan 2 mencapai kriteria
aktif, pertemuan 3 mencapai kriteria sangat aktif, dan pertemuan 4 mencapai
kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1
mencapai kriteria belum tuntas, pertemuan 2 mencapai kriteria belum tuntas,
pertemuan 3 mencapai kriteria belum tuntas, dan pertemuan 4 mencapai kriteria
tuntas. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model
Jigsaw, DRTA dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa, dan
hasil belajar siswa mengenai keterampilan membaca pemahaman. Berdasarkan
hasil penelititan ini disarankan kepada guru agar digunakan sebagai salah satu
alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi
pembelajaran Bahasa Indonesia atau yang lain. |
|