Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION, CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING, DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V B SDN BERANGAS BARAT 2 KABUPATEN BARITO KUALA

Show simple item record

dc.contributor.author Suraida Rapita Dewi
dc.date.accessioned 2023-02-23T17:08:58Z
dc.date.available 2023-02-23T17:08:58Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/37868
dc.description.abstract ABSTRAK Dewi, Suraida Rapita. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Muatan PPKn Menggunakan Model Group Investigation, Contextual Teaching and Learning, dan Make a Match pada Siswa Kelas V B SDN Berangas Barat 2 Kabupaten Barito Kuala. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Ahmad Muhyani Rizalie, M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar, Lingkungan Sahabat Kita, Group Investigation, Contextual Teaching and Learning, Make a Match. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V B SDN Berangas Barat 2 terhadap muatan PPKn Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita. Permasalahan rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh pembelajaran yang bersifat satu arah, motivasi belajar siswa rendah, siswa kesulitan memahami materi pelajaran, rendahnya sikap tanggung jawab, percaya diri, dan kerja sama pada siswa serta rendahnya keterampilan berkomunikasi. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan model Group Investigation, Contextual Teaching and Learning, dan Make a Match. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan empat siklu s. Penelitian dilakukan di SDN Berangas Barat 2 pada siswa kelas V B dengan jumlah siswa 28 orang tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian dilakukan pada muatan PPKn Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan model Group Investigation, Contextual Teaching and Learning, dan Make a Match pada siklus IV menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh skor 95 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa memperoleh skor 88,06 dengan kategori sangat aktif. Hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik mencapai ketuntasan 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Group Investigation, Contextual Teaching and Learning, dan Make a Match dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada muatan PPKn Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita. Disarankan kepada guru untuk menggunakan model Group Investigation, Contextual Teaching and Learning, dan Make a Match dalam kegiatan belajar mengajar yang dapat meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa pada kegiatan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.
dc.title MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION, CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING, DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V B SDN BERANGAS BARAT 2 KABUPATEN BARITO KUALA


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account