Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG  MENGGUNAKAN KOMBINASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL, METODE SAS DAN MENJIPLAK PADA SISWA KELAS II SDN BASIRIH 5 BANJARMASIN

Show simple item record

dc.contributor.author Muhammad Fikri
dc.date.accessioned 2023-02-23T17:10:15Z
dc.date.available 2023-02-23T17:10:15Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/37881
dc.description.abstract ABSTRAK Fikri, Muhammad, 2022 Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Menggunakan Kombinasi Pendekatan Kontekstual, Metode SAS dan Menjiplak Pada Siswa Kelas II SDN Basirih 5 Banjarmasin Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dessy Dwitalia Sari, M.Pd Kata Kunci : Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa, Keterampilan Menulis, Kontekstual, SAS dan Menjiplak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang terampil dalam menulis tegak bersambung.Yang berdampak kurangnya keterampian menulis huruf tegak bersambung siswa kelas II SDN Basirih 5 Banjarmasin. Salah satu upaya masalah tersebut yaitu melalui kombinasi Pendekatan Kontekstual, Metode SAS dan Menjiplak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung. Jenis peneltian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Basirih 5 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2021/2022, jumlah siswa sebanyak 13 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang diperoleh melalui teknik tes tertulis dan data kualitatif diperoleh melalui lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai kriteria baik, pertemuan 2 mencapai kriteria baik, pertemuan 3 mencapai kriteria sangat baik dan pertemuan 4 mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 dengan kriteria kurang aktif, pertemuan 2 mencapai kriteria aktif, pertemuan 3 mencapai kriteria sangat aktif dan pertemuan 4 mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 yaitu masih 23%, pertemuan 2 Mencapai 38%, pertemuan 3 mencapai 69?n pertemuan 4 mencapai 100%. Berdasarkan temuan ini dpat disimpulkan bahwa Kombinasi Pendekatan Kontekstual, Metode SAS dan Menjiplak dapat meningkatkan aktivitas siswa pada muatan Bahasa Indonesia materi Menulis Tegak Bersambung di kelas II SDN Basirih 5 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. Disarankan bagi guru sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan Pendekatan pembelajaran.
dc.title MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG  MENGGUNAKAN KOMBINASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL, METODE SAS DAN MENJIPLAK PADA SISWA KELAS II SDN BASIRIH 5 BANJARMASIN


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account