dc.description.abstract |
Setiawati. 2022. “Meningkatkan Hasil Belajar Materi Luas Segitiga Menggunakan Model Problem Based Learning Dikombinasikan Model Numbered Head Together Siswa Kelas IV SDN Sungai Miai 8 Banjarmasin”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Drs. Sunarno, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning (PBL), Numbered Head Together (NHT).
Permasalahan yang terjadi ini adalah rendahnya hasil belajar matematika materi luas segitiga dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang kurang pas, minim penggunaan media pembelajaran, siswa sulit memahami materi dan soal yang sifatnya abstrak, sering lupa dengan rumus, pembelajaran cenderung satu arah, kurang terampilnya siswa dalam memecahkan masalah, siswa untuk menunjukkan diri, sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa di bawah KKM yang telah ditetapkan, yaitu 70. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dikombinasikan dengan model Numbered Head Together. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa serta menganalisis hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan dengan II siklus. Setting penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sungai Miai 8 Banjarmasin semester 2 tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 15 orang terdiri atas 5 laki-laki dan 10 perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar siswa dengan tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif data kualitatif dan data kuantitatif berdasarkan skala presentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I memperoleh kriteria “baik” dan meningkat pada siklus II dengan kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa pada siklus I dengan kriteria “aktif” dan meningkat pada siklus II mencapai kriteria “sangat aktif”. Kemudian hasil belajar juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I mencapai tuntas dengan kriteria “baik” dan meningkat pada siklus II mencapai tuntas dengan kriteria “sangat baik”.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dikombinasikan dengan model Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi luas segitiga di kelas IV SDN Sungai Miai 8 Banjarmasin. Saran yang dikemukakan peneliti agar dapat menjadi alternatif bagi guru dan peneliti lain dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Siswa materi luas segitiga. |
|