Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMA 6 MUATAN IPA MENGGUNAKAN MODEL BAKIAK PADA SISWA KELAS IV SDN SEMANGAT DALAM 4 BARITO KUALA

Show simple item record

dc.contributor.author Damayanti
dc.date.accessioned 2023-02-23T17:14:27Z
dc.date.available 2023-02-23T17:14:27Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/37921
dc.description.abstract ABSTRAK Damayanti. 2022. Meningkatkan Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Tema 6 Muatan IPA Menggunakan Model Bakiak Pada Siswa Kelas IV SDN Semangat Dalam 4 Barito Kuala. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Asniwati, S.Pd,M.Pd. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Model BAKIAK, IPA Permasalahan peserta didik dalam pembelajaran IPA tema 6 kelas IV SDN Semangat Dalam 4 Barito Kuala adalah rendahnya motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada proses pembelajaran berlangsung dilaksanakan hanya satu arah saja, yang mana siswa lebih banyak mencatat, mendengarkan dan mengerjakan soal yang ada dibuku, peserta didik kurang aktif dan fokus saat pembelajaran belangsung, proses pembelajaran yang monoton dan membuat siswa bosan dalam belajar. kurang menarik perhatian peserta didik, kondisi pembelajaran yang. Oleh karena itu salah satu upaya meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar yaitu melalui model Problem Based Learning (PBL), Think talk Write dan Make A Match. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis aktivitas guru, motivasi belajar peserta didik, aktivitas peserta didik dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SDN Semangat Dalam 4 Barito Kuala Tahun Pelajaran 2021/2022, jumlah peserta didik sebanyak 21 orang. Data dihasilkan dari lembar instrument lembar observasi dan tes hasil belajar, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik. Selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masig indikator keberhasilan aktivitas guru dan peserta didik, motivasi peserta didik, serta tercapainya ketuntasan belajar peserta didik secara individual dan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai skor 27 dengan kriteria “baik” dan pada pertemuan IV mencapai skor 37 dengan kriteria “sangat baik”. Motivasi belajar peserta didik pada pertemuan I memperoleh 46,67?ngan kriteria “cukup tinggi” dan pertemuan IV memperoleh 86,67?ngan kriteria “sangat tinggi”. Observasi aktivitas peserta didik pada pertemuan I memperoleh 46,67?ngan kriteria “cukup aktif” dan pertemuan IV 93,33?ngan kriteria “sangat aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik pada pertemuan I memperoleh 46,67% peserta didik “tuntas” dan pertemuan IV mencapai 100% peserta didik “tuntas. Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL), Role Playing dan Make A Match dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar peserta didik. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
dc.title MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMA 6 MUATAN IPA MENGGUNAKAN MODEL BAKIAK PADA SISWA KELAS IV SDN SEMANGAT DALAM 4 BARITO KUALA


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account