Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL GIRANG DI KELAS IVB SDN INTI PENGAMBANGAN 3 KOTA BANJARMASIN

Show simple item record

dc.contributor.author M. Nafis
dc.date.accessioned 2023-02-23T17:15:17Z
dc.date.available 2023-02-23T17:15:17Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/37927
dc.description.abstract ABSTRAK Nafis, M. (2022). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPS Menggunakan Model GIRANG Pada Siswa Kelas IVB SDN Inti Pengambangan 3 Kota Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Amberansyah, S.Pd, M.Pd Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar dan Model GIRANG Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dan pembelajaran kurang menarik. Solusi dalam mengatasi masalah di atas adalah melakukan pembelajaran menggunakan model Pembelajaran GIRANG. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan menganalisis aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar muatan IPS Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku menggunakan model GIRANG pada siswa kelas IVB SDN Inti Pengambangan 3 Kota Banjarmasin. Pendekatan penelitian ialah pendekatan kualitatif, Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 4 Pertemuan, dilaksanakan di kelas IVB SDN Inti Pengambangan 3 Banjarmasin yang berjumlah 13 orang siswa untuk siswa laki-lakinya ada dari 7 orang dan untuk siswa perempuannya ada 6 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Analisis data berupa analisis deskriptif. Indikator keberhasilan Aktivitas siswa skor 21-24 dan keterampilan berpikir kritis skor 13-16 dengan klasikal ?80% serta hasil belajar individu semua siswa dengan ?65 KKM dengan klasikal ?80%. Hasil penelitian menujukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan sudah terlaksana dari skor 20 kriteria “Baik”, menjadi skor 27 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa juga `mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 54% kriteria “sebagian besar” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 92% kriteria “hampir seluruhnya”. kemudian keterampilan berpikir kritis siswa pada pertemuan 1 memperoleh 54% kriteria “sebagian besar” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 92% kriteria “hampir seluruhnya”. Begitu pula dengan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 46?n meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran GIRANG dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti lain hasil penelitian ini dijadikan sebagai bahan, informasi atau alternatif dalam memilih model pembelajaran IPS khususnya Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku serta dapat dijadikan referensi dalam melakukan penelitian berikutnya.
dc.title MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL GIRANG DI KELAS IVB SDN INTI PENGAMBANGAN 3 KOTA BANJARMASIN


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account