dc.description.abstract |
Permasalahan penelitian adalah kurangnya aktivitas siswa, hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa belum berkembang, serta pembelajaran yang kurang menarik dan menyenangkan. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu melalui Model PINTAR. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan 2 siklus, yang mana 1 siklusnya dengan 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 1 Paya Kabupaten Hulu sungai Tengah tahun pelajaran 2021/2022, jumlah siswa sebanyak 8 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan siswa serta data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh kriteria “baik”, dan meningkat pada pertemuan 4 kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 mengalami peningkatan dari pertemuan 1 dan pertemuan 4 kriteria “sangat aktif”. Hasil belajar pada pertemuan 1 sampai 4 mengalami peningkatan dari pertemuan 1 mencapai 25?n pertemuan 4 mencapai 87,5% secara klasikal. |
|