Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENYAJIAN DATA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA KELAS V SDN KUIN SELATAN 1 BANJARMASIN

Show simple item record

dc.contributor.author Mega Mustika Hidayah
dc.date.accessioned 2023-02-23T17:16:08Z
dc.date.available 2023-02-23T17:16:08Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/37933
dc.description.abstract Hidayah, Mega Mustika. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penyajian Data Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL) dan Numbered Head Together (NHT) pada kelas V SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Sunarno, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Penyajian Data, Problem Based Learning (PBL), dan Numbered Head Together (NHT) Permasalahan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V pada pelajaran matematika materi penyajian data. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa mengenai materi pembelajaran, siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan pembelajaran yang masih kurang bervariasi. Untuk itu dilakukan penelitian dengan tujuan mendeskripsikan aktivitas guru, serta menganalisis aktivitas siswa dan hasil belajar dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Numbered Head Together (NHT) pada materi penyajian data. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Setting penelitian dilakukan di SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin pada siswa kelas V dengan jumlah siswa 30 orang tahun ajaran 2021/2022. Penelitian dilakukan pada pelajaran matematika materi penyajian data. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif berupa observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu diakhir pertemuan. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor 18 dengan kriteria “baik” dan meningkat pada siklus II memperoleh skor 23 dengan kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 60?ngan kriteria “aktif” dan meningkat pada siklus II mencapai skor 90?ngan kriteria “sangat aktif”. Hasil belajar siswa ranah kognitif pada siklus I mencapai 60?ngan kriteria “baik” dan meningkat pada siklus II mencapai 100?ngan kriteria “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning (PBL) dan Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi penyajian data. Dan disarankan kepada guru, siswa, kepala sekolah dan peneliti lain untuk menggunakan kombinasi model pembelajaran dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang dapat meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa pada kegiatan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar
dc.title MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENYAJIAN DATA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA KELAS V SDN KUIN SELATAN 1 BANJARMASIN


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account