Repo Mhs ULM

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SIKLUS HIDUP MAKHLUK HIDUP MENGGUNAKAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION, PICTURE AND PICTURE DAN SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELLECTUAL PADA SISWA KELAS IV SDN GAMBUT 2 KABUPATEN BANJAR

Show simple item record

dc.contributor.author Nazula Rahma
dc.date.accessioned 2023-02-23T17:17:22Z
dc.date.available 2023-02-23T17:17:22Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/37946
dc.description.abstract ABSTRAK Rahma, Nazula. 2022. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Siklus Hidup Makhluk Hidup Menggunakan Model Team Assisted Individualization, Picture and Picture dan Somatic Auditory Visual Intellectual pada Siswa Kelas IV SDN Gambut 2 Kabupaten Banjar. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. H. Khairil Anwar, M. Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Aktivitas Belajar, IPA, Model Team Assisted Individualization, Picture and Picture dan Somatic Auditory Visual Intellectual. Permasalahan penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Gambut 2 disebabkan pembelajaran kurang menekankan keaktifan siswa, siswa tidak terlibat langsung dalam proses belajar dan pembelajaran kurang menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, serta peningkatan hasil belajar IPA materi siklus hidup makhluk hidup menggunakan model Team Assisted Individualization, Picture and Picture dan Somatic Auditory Visual Intellectual. Jenis penelitian yang dilakukan berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas IV SDN Gambut 2 Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis data yang diambil berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes tertulis dan data kualitatif diperoleh melalui hasil observasi aktivitas guru dan siswa. hasil data tersebut selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru, aktivitas siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivtas guru setiap pertemuan selalu mengalami peningkatan, pertemuan 1 memperoleh skor 20 kriteria “baik” meningkat menjadi skor 30 kirteria sangat baik pada pertemuan 3. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari pertemuan 1 sampai pertemuan 3, memperoleh 53% kriteria “cukup aktif” menjadi 87% kriteria “sangat aktif”. Hasil belajar siswa secara klasikal juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 50% siswa tuntas meningkat menjadi 90% siswa tuntas pada pertemuan 3. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa menggunakan model Team Asissted Individualization, Picture and Picture dan Somatic Auditory Visual Intellectual. Adapun saran bagi peneliti lain agar dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu referensi dalam melakukan penelitian selanjutnya khususnya pembelajaran IPA materi siklus hidup makhluk hidup siswa kelas IV.
dc.title PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SIKLUS HIDUP MAKHLUK HIDUP MENGGUNAKAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION, PICTURE AND PICTURE DAN SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELLECTUAL PADA SISWA KELAS IV SDN GAMBUT 2 KABUPATEN BANJAR


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account