Abstract:
ABSTRAK
Abu Ali Hasan. 2022. Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Sytematic Desensitization Untuk Mereduksi Kecemasan Akademik Pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2018 FKIP ULM. Pembimbing (I) Ibu Dr. Ririanti Rachmayanie Jamain, S.Psi,. M.Pd, Pembimbing (II) Ibu Mufida Istati, M.Pd.
Kata Kunci: Teknik Systematic Desensitization, Kecemasan Akademik
Kecemasan akademik yang sangat tinggi akan memunculkan dampak reaksi emosional, kognitif dan fisologis yang mengganggu pengelolaan tugas akademik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kefektifan layanan konseling kelompok dengan teknik systematic desensitization untuk mereduksi kecemasan akademik pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling angkatan 2018 FKIP ULM.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan rancangan Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Jumlah populasi penelitian berjumlah 91 orang, dan Sampel dalam Penelitian ini diperoleh dari angket kecemasan akademik dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 6 orang yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen serta teknik analisis data menggunakan uji Mann-Whitney Test.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik systematic desensitization efektif untuk mereduksi kecemasan akademik pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling angkatan 2018 FKIP ULM. Saran bagi peneliti selanjutnya, dapat menyikapi penelitian ini dalam situasi dan kondisi yang berbeda, serta mengenali kelebihan dan kekurangan dalam penerapan teknik systematic desensitization.