dc.description.abstract |
Huzaimah, Isnani. 2022. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan
IPA Tema 2 Selalu Berhemat Energi dengan Menggunakan Kombinasi Model
SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually), Picture and Picture
dan Numbered Head Together Kelas 4 SDN Pematang Panjang Kecamatan
Sungai Tabuk. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin. Pembimbing: Drs. Mahmuddin, M.Pd.
Kata Kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, SAVI, Picture and Picture, Numbered
Head Together.
Masalah yang terjadi di Kelas 4 SDN Pematang Panjang adalah rendahnya
pengetahuan siswa terhadap pengaruh energi, lingkungan, teknologi dan
masyarakat, rendahnya keterampilan siswa dalam berpikir kritis dan pemecahan
masalah yang berkaitan dengan pemanfaatan energi dalam IPA, serta kurangnya
kesadaran untuk pentingnya menghemat energi. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan dan menganalisis aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan hasil
belajar peserta didik dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran SAVI
(Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually), Picture and Picture dan
Numbered Head Together pada Muatan IPA Tema 2 Selalu Berhemat Energi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Subjek
penelitian adalah peserta didik kelas 4 SDN Pematang Panjang Kecamatan Sungai
Tabuk Tahun Pelajaran 2021/2022, dengan jumlah peserta didik sebanyak 28 orang.
Analisis data dilakukan secara kualitatif, yaitu pada aktivitas guru dan aktivitas
siswa. Kemudian secara kuantitatif, yaitu hasil belajar siswa. Data dianalisis dengan
teknik observasi, tes, dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya
diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator
keberhasilan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar
siswa secara individual dan klasikal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai skor 33
dengan persentase sebesar 92?n telah mencapai kriteria “Sangat Baik”.
Observasi aktivitas siswa mencapai persentase sebesar 96?ngan kriteria “Sangat
Aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa mencapai persentase sebesar 93%.
Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa model SAVI
(Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually), Picture and Picture dan
Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Disarankan penggunaan model tersebut sebagai bahan pertimbangan dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran. |
|