Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR DALAM MUATAN IPS MENGGUNAKAN  MODEL CONTENT THE DARE PADA SISWA KELAS V SDN ALALAK  UTARA 2

Show simple item record

dc.contributor.author Aula Rahma Putri
dc.date.accessioned 2023-02-23T17:21:20Z
dc.date.available 2023-02-23T17:21:20Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/37982
dc.description.abstract Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model Content The Dare dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitaif, jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas V SDN Alalak Utara 2 dengan siswa yang berjumlah16 orang. Jenis data adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalisis secara kualitatif yaitu, aktivitas guru, aktivitas siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa serta secara kuantitatif yaitu hasil belajar siswa. Data dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai 72?ngan kriteria “Baik” meningkat pada pertemuan IV menjadi 100?ngan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai 38?ngan kriteria “Kurang Aktif” dan meningkat pada pertemuan IV mencapai 94?ngan kriteria “Sangat Aktif”. Keterampilan Berpikir Kritis siswa pada pertemuan I mencapai 38?ngan kriteria “Kurang Kritis” dan meningkat pada pertemuan IV menjadi 94?ngan kriteria “Sangat Kritis”. Untuk hasil belajar siswa pada pertemuan I dengan ketuntasan klasikal 50% meningkat pada pertemuan IV dengan ketuntasan klasikal 100%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Content The Dare dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar siswa. Untuk itu disarankan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Kata Kunci : Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Content The Dare.
dc.title MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR DALAM MUATAN IPS MENGGUNAKAN  MODEL CONTENT THE DARE PADA SISWA KELAS V SDN ALALAK  UTARA 2


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account