dc.description.abstract |
ABSTRAK
Fitria, Dini. 2022. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Kombinasi Model Cooperative Integrated Reading and Compositian (Circ), Think Pair Share (Tps) dan Media Big Book Tema 7 Indahnya Keberagaman Di Negeri Materi Ide Pokok Paragraf Siswa Kelas 4 Sdn Teluk Mesjid 1 Hulu Sungai Utara””. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Drs. Mahmuddin, M.Pd
Kata Kunci: Keterampilan Membaca Pemahaman, Cooperative Integrated Reading and Compositian, Think Pair Share
Penelitian ini di latarbelakangi rendahnya keaktifan siswa siswa kelas 4 SDN Teluk Mesjid 1 terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia yang berpengaruh pada hasil belajarnya. Hal tersebut di sebabkan pembelajaran yang menggunakan metode ceramah cenderung membuat bosan. Pembelajaran kurang menyenangkan pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan siswa kurang di libatkan dalam pembelajaran. Upaya untuk mengatasi permasalah tersebut adalah dengan menerapkan model cooperative Integrated Reading and Composition ( CIRC), Think Pair Share (TPS) dan media Big Book dalam pembelajaran. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendekripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Teluk Mesjid 1 yang berjumlah 17 orang siswa terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2021/ 2022. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas siswa kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang di peroleh dari tes tertulis secara kelompok dan individu.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat menjadi 28. aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai dengan 3 meningkat menjadi 94%, aspek kognitif meningkat menjadi 94%, aspek afektif meningkat setiap pertemuannya menjadi 100?n teraktir aspek psikomotorik juga terus meningkat menjadi 94?rdasarkan hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa penggunkaan model Cooperative Integreted Reading and Composition (CIRC), Think Pair Share (TPS) dan media Big Book meningkatkan kulaitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru dan siswa penelitian lain adalah penelitian ini dapat di jadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. |
|