Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SISWA MUATAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL TELATEN DI KELAS IV SDN SUNGAI LULUT 7

Show simple item record

dc.contributor.author Almira Putri Dianti
dc.date.accessioned 2023-02-23T17:22:39Z
dc.date.available 2023-02-23T17:22:39Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/37997
dc.description.abstract Permasalahan pada penelitian ini yaitu didalam pembelajaran belum menggunakan model dan media yang tepat, kegiatan pembelajaran monoton, dan banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menuang pemikiran dalam menulis karangan. Hal ini dapat dibuktikna pada hasil observasi peneliti dan wawancara dengan wali kelas IV Bapak Fitri Adi Karsa, S.Pd., bahwa rendahnya kemampuan menulis karangan siswa sehingga berdampak pada aktivitas dan hasil belajar yang belum mencapai kemaksimalan KKM siswa pada Tema 8 Dearaku Tempat Tinggalku. Salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis yaitu dengan model Telaten pada siswa kelas IV SDN Sungai Lulut 7 Banjarmasin. Penelitian bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuntitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan dua siklus ditiap siklus dua pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Sungai Lulut 7 Banjarmasin dengan jumlah siswa sebanyak 14 orang yaitu laki-laki 7 orang dan perempuan 7 orang. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif yang diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif didapat melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dengan teknik deskriptif analisis yang disajikan dalam tabel dan grafik di interpretasi dengan persentase serta indikator keberhasilan belajar yang ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aktivitas guru pertemuan 1 hingga 4 mencapai kriteria sangat baik. aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai kriteria kurang aktif, pada pertemuan 2 mencapai kriteria aktif, dan pada pertemuan 3 dan 4 mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada Pertemuan 1 pada aspek kognitif mencapai 42,85%, afektif 35,72?n psikomotor 21,43% pertemuan 2 pada aspek kognitif 71,43%, afektif 42,86?n psikomotor 50%. Pada Pertemuan 3 pada aspek kognitif mencapai 85,72?ektif 85,72?n psikomotor 100?n terus meningkat pada pertemuan 4. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru yang sangat baik membuat aktivitas siswa dan hasil belajar terus meningkat dengan menggunakan model Telaten pada tema 8 dikelas IV SDN Sungai Lulut 7 Banjarmasin. Peneliti menyarankan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan keterampilan menulis berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa, khususnya pada pelajaran Bahasa Indonesia.
dc.title MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SISWA MUATAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL TELATEN DI KELAS IV SDN SUNGAI LULUT 7


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account