Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN AKTIVITAS, BERPIKIR KRITIS, KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MUATAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROSOTAN KELAS V SDN SUNGAI LULUT 3 BANJARMASIN

Show simple item record

dc.contributor.author Alifa Azzahra Abadi
dc.date.accessioned 2023-02-23T17:24:43Z
dc.date.available 2023-02-23T17:24:43Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/38017
dc.description.abstract Abadi, Alifa Azzahra.2022. Meningkatkan Aktivitas, Berpikir Kritis,Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa dalam muatan Matematika menggunakan Model PROSOTAN (Problem Based Learning, Peer Teaching dan Number Head Together) di Kelas V SDN Sungai Lulut 3 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph. D Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Kolaborasi , Hasil Belajar, Problem Based Learning, Peer Teaching, dan Number Head Together Permasalahan dari penelitian ini ialah rendahnya aktivitas belajar siswa, rendahnya kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi siswa dan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Bangun Ruang kelas V SDN Sungai Lulut 3 Banjarmasin. Hal ini disebabkan karena siswa belum mampu bernalar dan menganalisis soal berbasis cerita serta pembelajaran yang tidak menarik,cenderung membosankan dan hanya bersifat satu arah sehingga penjelasan guru sulit dipahami oleh siswa. Oleh karena itu salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas,keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi serta hasil belajar siswa melalui kombinasi model PROSOTAN (Problem Based Learning, Peer Teaching dan Number Head Together).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis aktivitas guru,aktivitas siswa ,keterampilan berpikir kritis,kolaborasi dan hasil belajar siswa. Penelitisn ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Setting penelitian ini pada kelas V SDN Sungai Lulut 3 Banjarmasin tahun 2021/2022 dengan jumlah siswa 16 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Jenis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data menggunakan deskriptif analisis dan menggunakan table. Indikator keberhasilannya adalah aktivitas guru dikatakan berhasil jika mencapai kriteria “ Baik dan Sangat Baik”, aktivitas siswa dengan kriteria “ Aktif dan Sangat Aktif”, keterampilan berpikir kritis “Kritis dan Sangat Kritis”, keterampilan kolaborasi “Mampu Berkolaborasi dan Sangat Mampu Berkolaborasi” dan Hasil Belajar siswa “Tuntas” apabila mencapai nilai ? 70 atau secara klasikal 80%. Hasil penelitian menunjukan aktivitas guru terlaksana dengan kategori “Sangat Baik” dengan persentase 94,4%, aktivitas siswa meningkat hingga mencapai 100% “Sangat Aktif”,keterampilan berpikir kritis meningkat hingga mencapai 100% “ Sangat Kritis”,keterampilan kolaborasi mencapai 100%, dan hasil belajar siswa mencapai 100?ngan kategori “ Tuntas”. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model PROSOTAN dapat meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir kritis,keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lain hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu bahan atau informasi atau alternatif dalam rmemilih model pembelajaran Matematika khususnya Bangun Ruang serta dapat dijadikan referensi dalam melakukan penelitian berikutnya.
dc.title MENINGKATKAN AKTIVITAS, BERPIKIR KRITIS, KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MUATAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROSOTAN KELAS V SDN SUNGAI LULUT 3 BANJARMASIN


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account