Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA ASPEK MENULIS RINGKASAN DARI TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED, READING AND COMPOSITION (CIRC), TWO STAY TWO STRAY DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS 5 SDN SUNGAI MIAI 2 BANJARMASIN

Show simple item record

dc.contributor.author Siti Nurhalisa
dc.date.accessioned 2023-02-23T17:24:47Z
dc.date.available 2023-02-23T17:24:47Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/38018
dc.description.abstract Nurhalisa, Siti. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar pada Aspek Menulis Ringkasan dari Teks Ekplanasi Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Cooperatif Integrated, Reading and Composition (CIRC), Two Stay Two Stray dan Numbered Head Together (NHT) Siswa Kelas 5 SDN Sungai Miai 2 Banjarmasin Skripsi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Drs. H. Ramadi, M.Pd. Kata Kunci : Menulis Ringkasan, Hasil Belajar, Cooperatif Integrated, Reading and Composition (CIRC), Two Stay Two Stray dan Numbered Head Together (NHT) Permasalahan yang dihadapi siswa dalam penelitian ini adalah kesulitan siswa dalam menuliskan ringkasan pada teks eksplanasi, sehingga berakibat pada aktivitas dan hasil belajar yang rendah atau belum memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu ?70. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa serta menganalisis hasil belajar dengan menggunakan kombinasi model CIRC, TSTS, NHT. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitaif yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan jumlah 4 pertemuan. Terdapat langkah-langkah dalam penelitian ini yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 16 orang siswa. Teknik pengambilan data dengan menggunakan cara observasi guru serta siswa dan hasil tes belajar siswa. Indikator keberhasilan guru jika telah mencapai skor ?25 dengan kategori “sangat baik”. Aktivitas siswa dikatakan berhasil jika mencapai ?85?ngan kategori “sangat aktif” dan hasil belajar individu siswa dikatakan berhasil jika telah mencapai KKM ?70, serta secara klasikal dikatakan tuntas jika kelas mencapai persentase ?80% ketuntasan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor 20 dengan kategori baik dan siklus II meningkat menjadi 27 dengan kategori sangat baik. (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh 61,60?ngan kategori cukup aktif dan siklus II meningkat menjadi 92?ngan kategori sangat aktif. (3) hasil belajar pada siklus I nilai ketuntasan mencapai 56,25?n siklus II nilai ketuntasan siswa meningkat menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bawah pada materi menulis ringkasan dari teks eksplanasi dengan melalui kombinasi model pembelajaran Cooperatif Integrated, Reading And Composition (CIRC), Two Stay Two Stray dan Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan disarankan model ini sebagai alternatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi menulis ringkasan dari teks eksplanasi.
dc.title MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA ASPEK MENULIS RINGKASAN DARI TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED, READING AND COMPOSITION (CIRC), TWO STAY TWO STRAY DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS 5 SDN SUNGAI MIAI 2 BANJARMASIN


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account