Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MENGGUNAKAN MODEL COPING (COURSE RIVIEW HORAY, PICTURE AND PICTURE, DAN TALKING STICK) PADA SISWA KELAS IV SDN GUNTUNG

Show simple item record

dc.contributor.author Diah Ayu Norvita
dc.date.accessioned 2023-02-23T17:26:37Z
dc.date.available 2023-02-23T17:26:37Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/38034
dc.description.abstract ABSTRAK Norvita, Diah Ayu. 2022. Meningkatkan Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Muatan IPA Menggunakan Model COPING (Course Riview Horay, Picture And Picture, Dan Talking Stick) Pada Siswa Kelas IV SDN Guntung. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Model COPING Permasalahan penelitian ini adalah Rendahnya aktivitas, motivasi, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Guntung pada tema 6 “Cita-citaku” yang disebabkan oleh kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, pembelajaran kurang menarik, dan pembelajaran kurang bermakna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan untuk menganalisis peningkatan aktivitas, motivasi, dan hasil belajar siswa dalam muatan IPA Tema 6 “Cita-citaku” menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran COPING “Course Riview Horay, Picture and Picture dan Talking Stick” pada siswa kelas IV SDN Guntung Tanah Bumbu. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan di kelas IV SDN Guntung dengan jumlah siswa sebanyak 16 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan tes. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, angket motivasi belajar kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase. Hasil penelitian menujukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan terlaksana sesuai rencana dari skor 30 kriteria “baik”, meningkat menjadi skor 38 kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 37,5% kriteria “sebagian kecil” dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 94% kriteria “hampir seluruhnya”. Dan motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 37,5% kriteria “sebagian kecil” dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 94% kriteria “hampir seluruhnya”. Begitu pula dengan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 56,25% kriteria “sebagian kecil tuntas” dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 94% “Hampir seluruhnya tuntas”. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model COPING dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti lain adalah hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran khususnya pada muatan IPA.
dc.title MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MENGGUNAKAN MODEL COPING (COURSE RIVIEW HORAY, PICTURE AND PICTURE, DAN TALKING STICK) PADA SISWA KELAS IV SDN GUNTUNG


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account