Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL NAVIGASI SISWA KELAS V SDN BELITUNG SELATAN 1 BANJARMASIN

Show simple item record

dc.contributor.author Akhmad Ridhani
dc.date.accessioned 2023-02-23T17:27:37Z
dc.date.available 2023-02-23T17:27:37Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/38043
dc.description.abstract ABSTRAK Ridhani, Akhmad, 2022. Implementasi Model Navigasi, meningkatkan aktivitas,motivasi dan hasil belajar siswa. Skripsi Program Pendikan Guru Sekolah Dasar. Falkultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing : Diani Ayu Pratiwi, M.Pd Kata Kunci : Navigasi, Aktivitas, Motivasi, hasil belajar. Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas siswa dan motivasi sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa pada muatan pelajaran PPKn. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang bersifat satu arah, siswa masih bersifat pasif, pembelajaran cenderung abstrak, siswa tidak terbiasa berpikir kritis,kreatif dan materi sulit dipahami. Salah satu upaya mendeskripsikan aktivitas siswa, motivasi dan hasil belajar yaitu dengan menggunakan kombinasi Model pembelajaran Navigasi (Number Head Together, Group Investigation dan Problem Based Learning). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa, motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian yakni siswa kelas V SDN Belitung Selatan 1 Banjarmasin tahun ajaran pelajaran 2021/2022 sebanyak 28 orang. Jenis data penelitian yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru, siswa dan motivasi siswa. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari teknik pengukuran tes tertulis secara individu berupa lembar kerja siswa dan evaluasi. penelitian mengungkapkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh skor 26, pertemuan II 27, pertemuan III skor meningkat 30 dan pertemuan IV skor mencapai maksimal 31 dengan kualifikasi sangat baik. Aktivitas Siswa pertemuan I hanya 18%, pertemuan II 39%, pertemuan III 75% serta pertemuan IV meningkat secara signifikan 93?ngan kualifikasi sangat aktif dan aktif. motivasi pada pertemuan I 25%, pertemuan II 39%, pertemuan III 75?n pertemuan IV meningkat secara signifikan 89?ngan kualifikasi sangat aktif dan aktif. Sehingga hal ini berdampak pada hasil belajar ranah afektif dari pertemuan I 46% menjadi 89%, kognitif 42% menjadi 86?nranah psikomotorik 29% meningkat menjadi 89%. Berdasarkan hasil temuan dapat disumpulkan bahwa model NAVIGASI berhasil meningkatkan aktivitas guru, siswa, motivasi dan hasil belajar siswa. Disarankan dalam penggunakan model Navigasi dapat dijadikan salah satu referensi alternatif dalam meningkatkan aktivitas, motiviasi dan hasil belajar siswa
dc.title MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL NAVIGASI SISWA KELAS V SDN BELITUNG SELATAN 1 BANJARMASIN


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account