Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN AKTIVITAS, KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR MUATAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL GIANT PADA SISWA KELAS III SDN SUNGAI JINGAH 1 BANJARMASIN

Show simple item record

dc.contributor.author Husna
dc.date.accessioned 2023-02-23T17:27:52Z
dc.date.available 2023-02-23T17:27:52Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/38048
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama di kelas III SDN Sungai Jingah 1 Banjarmasin. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat kali pertemuan. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, serta tes tertulis untuk melihat hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa dengan menggunakan modifikasi model GIANT terjadi peningkatan pada setiap variable yang diteliti sesuai dengan indikator keberhasil yang ditetapkan, yaitu untuk aktivitas siswa pada pertemuan 1 dari 71,43% meningkat menjadi 100% pada pertemuan 4 dengan kategori Sangat Aktif. Kemudian ketuntasan klasikal hasil belajar mengalami peningkatan dari 57,14% hingga menjadi 100%. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Model GIANT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut merupakan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
dc.title MENINGKATKAN AKTIVITAS, KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR MUATAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL GIANT PADA SISWA KELAS III SDN SUNGAI JINGAH 1 BANJARMASIN


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account