Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI VOLUME KUBUS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS V SDN KUIN SELATAN 1 BANJARMASIN

Show simple item record

dc.contributor.author Maulida Rosanti
dc.date.accessioned 2023-02-23T17:31:02Z
dc.date.available 2023-02-23T17:31:02Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/38078
dc.description.abstract Maulida Rosanti. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Materi Volume Kubus Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Problem Based Learning, dan Number Head Together Pada Siswa Kelas V SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Prasekolah dan Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Sunarno, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Volume Kubus, Kombinasi Model Pembelajaran Problem Based Learning, dan Number Head Together. Penelitian tindakan kelas masalahnya adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN Kuin Selatan 1 Banjrmasin pada pelajaran matematika khususnya pada materi volume kubus. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih berpusat pada guru, siswa tidak mampu beraktivitas terhadap materi yang diterima, guru belum menggunakan media pembelajaran. Untuk itu dilakukan penelitian dengan tujuan mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dalam menggunakan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning, Numbered Head Together pada materi Volume Kubus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 31 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini adalah siswa dapat mencapai ketuntasan belajar secara individu dengan mencapai skor nilai sama atau di atas KKM atau ?65 dan dapat mencapai ketuntasan klasikal ?80?ri seluruh siswa di kelas, serta aktivitas guru dapat mencapai kriteria “sangat baik” dan aktivitas siswa dapat mencapai kriteria “sangat aktif”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Pembelajaran yang dilaksanakan oleh penelitian mengalami keberhasilan kualitas aktivitas guru siklus I dengan kategori “baik” mengalami peningkatan dengan kategori “sangat baik” pada siklus II. Untuk aktivitas siswa juga mengalami peningkatan, yaitu siklus I dengan kategori “aktif” menjadi kategori “sangat aktif” pada siklus II. Sedangkan ketuntasan belajar siswa mengalami keberhasilan yaitu mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal. Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar terbukti meningkat. Disarankan kepada guru, kepala sekolah, dan peneliti lain penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan atau informasi dalam rangka memilih model-model dan media pembelajaran dalam mengajar untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan juga hasil belajar volume kubus siswa sehingga menjadi lebih optimal.
dc.title MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI VOLUME KUBUS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS V SDN KUIN SELATAN 1 BANJARMASIN


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account