dc.description.abstract |
KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MERUPAKAN TINGKATAN KOGNITIF YANG TERDAPAT DALAM TAKSONOMI BLOOM YANG TERDIRI DARI MENGANALISIS, MENGEVALUASI, DAN MENCIPTA. SOAL-SOAL BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAPAT DITEMUKAN DALAM SOAL-SOAL BACAAN, HAL INI MENGINGAT SOAL-SOAL BACAAN TERSEBUT MEMILIKI UNSUR PEMAHAMAN DAN BERKAITAN DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI. PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENGETAHUI BAGAIMANA KEMAMPUAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS ANGKATAN 2019 DALAM MENJAWAB SOAL-SOAL BACAAN DENGAN HOTS YANG DAPAT DILIHAT DENGAN MENGUKUR KUALITAS MAHASISWA DALAM MEMAHAMI TEKS BACAAN YANG MENUNTUT MEREKA UNTUK BERPIKIR KRITIS DALAM MENJAWAB PERTANYAAN BACAAN.
METODE YANG DIGUNAKAN DALAM PENELITIAN INI ADALAH DESKRIPTIF KUANTITATIF. SAMPEL PADA PENELITIAN INI ADALAH MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS ANGKATAN 2019 UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT. DALAM PENGUMPULAN DATA, PENELITI MENGGUNAKAN TES MEMBACA YANG DIBAGIKAN SECARA TIDAK LANGSUNG KEPADA SISWA MELALUI TES ONLINE YANG TERDIRI DARI 45 SOAL PILIHAN GANDA DENGAN MENGGUNAKAN GOOGLE FORMULIR.
HASIL PENELITIAN MENUNJUKKAN BAHWA KEMAMPUAN SISWA DALAM MENJAWAB SOAL TINGKAT MENGANALISIS, MENGEVALUASI, DAN MENCIPTA MEMILIKI PERBEDAAN HASIL YANG SIGNIFIKAN. DARI HASIL PENELITIAN, DALAM MENJAWAB SOAL TINGKAT MENGANALISIS DAN MEMBUAT, KEMAMPUAN SISWA TERGOLONG BAIK DENGAN NILAI RATA-RATA SISWA UNTUK MASING-MASING TINGKATAN ADALAH 76,01 DAN 76,58. NAMUN UNTUK KEMAMPUAN SISWA DALAM MENJAWAB SOAL PADA TINGKAT EVALUASI MASIH TERGOLONG CUKUP DENGAN NILAI RATA-RATA SISWA ADALAH 69,96. ARTINYA SISWA MAMPU MENJAWAB BAIK UNTUK SOAL TINGKAT MENGANALISIS MAUPUN MEMBUAT, TETAPI SISWA MASIH BELUM SEPENUHNYA MAMPU MENJAWAB SOAL TINGKAT EVALUASI. OLEH KARENA ITU, KEMAMPUAN SISWA DALAM MENJAWAB SOAL BACAAN DENGAN HOTS HANYA DAPAT MENCAPAI HASIL YANG BAIK DENGAN TOTAL NILAI RATA-RATA 73,55 DAN BELUM DAPAT MENCAPAI HASIL YANG SANGAT BAIK UNTUK PENELITIAN INI. KESIMPULANNYA, KEMAMPUAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS (ELESP) DALAM MENJAWAB SOAL MEMBACA DENGAN HOTS TERGOLONG BAIK.
DISARANKAN KEPADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS (ELESP) ANGKATAN 2019 DALAM MENJAWAB SOAL-SOAL TINGKAT EVALUASI HARUS LEBIH BERHATI-HATI DALAM MENCARI INFORMASI YANG TERSIRAT PADA PERNYATAAN BACAAN DAN BERPIKIR KRITIS DALAM MEMAHAMI PERNYATAAN TERSEBUT. |
|