Abstract:
Universal Design for Learning (UDL) merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang digunakan untuk merancang bahan ajar, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, serta prosedur evaluasi, yang bertujuan agar dapat membantu individu dengan keterbatasan. UDL diterapkan pada pembelajaran dengan mengacu pada tiga prinsip yaitu prinsip representasi, prinsip tindakan & ekspresi, dan prinsip keterlibatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Studi Literatur atau Studi Kepustakaan (Library Research). Penelitian ini bertujuan yaitu untuk: 1) mendeskripsikan penerapan Universal Design for Learning (UDL) meliputi prinsip representasi, prinsip tindakan & ekspresi, dan prinsip keterlibatan, 2) mendeskripsikan hambatan yang dialami 3) mendeskripsikan solusi dalam mengatasinya. Data yang digunakan sebanyak 20 buah artikel jurnal dengan tahun publikasi sepuluh tahun terakhir melalui proses screening sesuai dengan kriteria inklusi. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) penerapan UDL pada prinsip representasi mampu membuat mahasiswa lebih mengeksplorasi konten materi dari berbagai format serta dapat mengatasi masalah perbedaan gaya belajar tiap mahasiswa seperti pembelajaran tatap muka, pembelajaran online dan diskusi. Prinsip tindakan dan ekspresi membuat mahasiswa mengekspresikan apa yang mereka ketahui seperti kebebasan untuk memilih cara mengekspresikan pemahamannya bisa melalui lisan, tertulis, hard copy, atau soft copy. Prinsip keterlibatan dapat membantu mahasiswa terlibat dalam pembelajaran seperti melaksanakan diskusi kelompok dan menggunakan aplikasi pembantu (mind tap, clicker, moodle), 2) hambatan yang dialami seperti kurangnya minat dan motivasi untuk menerapkan dan mempelajari UDL dan 3) solusinya dengan melaksanakan pelatihan mengenai UDL