dc.description.abstract |
Ana Soraya, 2020 “Meningkakan Motivasi Belajar Seni Tari Melalui ModelTeam Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas IV di SDN 1 Landasan Ulin Tengah Kota Banjarbaru. Program studi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik. Jurusan Pendidikan Bahasan dan Seni, Fakultas Kegururan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Tutung Nurdiyana, S.Sos., M.A., M.Pd (II) Muhammad Najamudin, M.Pd
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Seni Tari, Team Games Tournament.
Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar seni tari siswa kelas IV di SDN 1 Landasan Ulin Tengah Kota Banjarbaru dengan menggunakan modelTeam Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi (sehubungan adanya pandemi covid-19). Dalam penelitian ini terdapat dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan metode kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan Team Games Tournamen t (TGT) dapat meningkatkan motivasi belajar seni tari siswa SDN 1 Landasan Ulin Tengah Kota Banjarbaru. Hal ini terbukti dengan subjek penelitian yang terlihat aktif, antusias, dan tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Motivasi belajar yang dimiliki semakin meningkat. Selain itu ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang memiliki nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu pada pratindakan 47,82?ngan jumlah 11 siswa, pada siklus I 60,87?ngan jumlah 14 siswa, dan pada siklus II 82,60?ngan jumlah 19 siswa. |
|