Abstract:
Pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang saling mempengaruhi mencapai tujuan pembelajaran. Tunagrahita adalah seseorang yang memiliki intelektual (IQ) di bawah 70 dan disertai ketidakmampuan menyesuaikan diri dengan lingkungan yang mengakibatkan berbagai masalah sosial. Oleh karena itu, perlunya layanan khusus dan pendidikan khusus untuk anak tunagrahita. Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilakukan peneliti di SLBN Negeri Kandangan, pembelajaran bina diri mengikat tali sepatu pada anak tunagrahita masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (I) identifikasi dan asesmen pada anak tunagrahita kelas I C di SLBN Negeri Kandangan; (2) Pelaksanaan pembelajaran bina diri mengikat tali sepatu pada anak tunagrahita kelas I C di SLBN Negeri Kandangan; dan (3) Evaluasi pembelajaran bina diri mengikat tali sepatu pada anak tunagrahita kelas I C di SLBN Negeri Kandangan. Pada penelitian ini menggunakan metode studi kasus (case study) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di SLB Negeri Kandangan dengan subjek penelitian adalah kelas I C. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman dengan model interaktif. Pengujian keabsahan data dengan Triangulasi Data. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Identifikasi dan asesmen untuk menentukan pembelajaran Bina Diri di SLBN Kandangan adalah dengan cara penjaringan dan analisis data siswa yang kemudian ditidak lanjut kepada Dokter atau Psikolog. 2) Pelaksanaan pembelajaran Bina Diri Mengikat tali Sepatu di SLBN Kandangan disesuaikan dengan kebutuhan siswa yang terangkum dalam RPP Bina Diri Mengikat Tali Sepatu di mana RPP tersebut dibuat berdasarkan skala prioritas kebutuhan anak dalam bina diri, Program tahunan Sekolah, dan Program Semester Sekolah. Pelaksanaan dilakukan dua kali pertemuan, pelaksanaan menggunakan metode tanya jawab, pemberian tugas dan demonstrasi. 3) Evaluasi yang digunakan dalam penilaian Pelaksanaan Pembelajaran Bina Diri di SLBN Kandangan adalah menggunakan penilaian unjuk kerja.