Abstract:
ABSTRAK
Rony Salam, 2017, Pengaruh Media Pembelajaran Big Books Untuk
Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak
Tunagrahita Sedang Kelas I SDLB Negeri Pangkalan Bun. Skripsi.
Program S-1 Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Tahun 2017.
Pembimbing I : Dr. Imam Yuwono, M.Pd. Pembimbing II : Dewi Ratih
Rapisa, M.Pd.
Anak tunagrahita sedang memiliki IQ 51-36 pada skala Binet dan 54-40
menurut skala Weschler (Wisc). Kemampuan anak tunagrahita sedang dalam
membaca relatif rendah bila dibandingkan anak normal. Sulit sekali bagi anak
tunagrahita untuk bisa membaca dengan benar, kalaupun bisa membaca dengan
benar, tetapi anak sering sekali tidak mempunyai pengertian dari isi bacaan
tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca
permulaan anak tunagrahita sedang relative rendah yang mengalami kesulitan
belajar rmembaca di kelas I. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
media pembelajaran Big Books dalam meningkatkan kemampuan membaca
permulaan pada anak tunagrahita sedang kelas I SDLB Negeri Pangkalan Bun.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan
metode desain penelitian One Group Pre-test Post-test. Tempat penelitian di
SDLB Negeri Pangkalan Bun. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data
adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriftif
kuantitatif.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh media
pembelajaran big books dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan
pada anak tunagrahita sedang kelas I SDLB Negeri Pangkalan Bun. Hal tersebut
dapat dilihat dari hasil pre-test dan dari hasil posttest yang sudah dilaksanakan.
Adapun nilai rata-rata hasil pre-test yang diperoleh dari semua subjek adalah 30
dan nilai rata-rata hasil posttes yang diperoleh dari semua subjek adalah 83,3.
Kata Kunci : Media Big Books, Membaca Permulaan, Anak Tunagrahita.