Abstract:
RINGKASAN
Nur Ihwanto. 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kombinasi Jalan, Lari, Lompat Dan Lempar Berbasis Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik. Pembimbing: Dr. Herita Warni, M.Pd.; Dr. Mashud, S.Pd., M.Pd.
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengembangkan sebuah perangkat pembelajaran kombinasi jalan, lari, lompat dan lempar berbasis Teams Games Tournament untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research) dengan tujuan menghasilkan suatu produk berupa silabus, rencana pembelajaran, lembar kerja siswa, media pembelajaran, bahan ajar dan instrumen penilaian yang mendukung keterampilan abad 21. Model pengembangan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah dengan model pengembangan 4-D. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan.
Hasil penelitian pada tahap Define peneliti melakukan analisis kebutuhan terhadap Guru PJOK, dimana analisis kebutuhan pada Guru PJOK ini dilakukan untuk mengetahui dan memetakan permasalahan dalam menyampaikan materi pembelajaran kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat dan lempar yang mereka lakukan dan bagaimana keterampilan kolaborasi peserta didik dalam pembelajaran yang mereka sampaikan. Hasilnya bahwa 100% Guru PJOK SD/MI Kota Banjarbaru Membutuhkan Contoh pengembangan perangkat pembelajaran kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat dan lempar berbasisi Teams Games Tournament untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik. Tahap selanjutnya adalah Design, Setelah mendapatkan inventarisasi atas permasalahan yang terjadi pada guru PJOK berdasarkan hasil analisis kebutuhan selanjutnya peneliti membuat Desain atau draf awal perangkat pembelajaran pada materi kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar yang lebih mengarah kepada karakteristik peserta didik serta dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik di sekolah dasar. Selanjutnya masuk pada tahap Develop dimana Draf produk awal (Draf 1) yang sudah dikembangkan kemudian akan di uji coba dan dievaluasi untuk mendapatkan validitas tentang tingkat kesesuaian materi, kejelasan untuk dipahami, keterlaksanaannya melalui validasi ahli pembelajaran, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Para ahli pembelajaran menyatakan bahwa pola pengembangan Perangkat Pembelajaran Kombinasi Jalan, Lari, Lompat Dan Lempar Berbasis Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik yang diajukan dalam penelitian ini semuanya telah memenuhi kriteria jawaban Valid (baik) dan Sangat Valid (sangat baik) dengan persentase sebesar 89.19?n layak untuk digunakan dalam pembelajaran PJOK. Hasil uji coba kelompok kecil dan besar terhadap aspek Silabus, RPP, Bahan Ajar, Media Pembelajaran, LKPD dan instrumen penilaian ini memiliki rata-rata sebesar 95.68 ?n 86.72 % sehingga perangkat pembelajaran yang dikembangkan sudah sangat praktis dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran PJOK di tingkat SD/MI. pada tahap terakhir yaitu Desseminate peneliti mencoba untuk menyebarkan produk yang telah dikembangkan kepada rekan-rekan guru PJOK SD/MI pada saat kegiatan Rapat KKG PJOK Kota Banjarbaru untuk dapat di Uji coba lapangan pada saat kegiatan pembelajaran PJOK di sekolah masing-masing guru PJOK. Ada beberapa guru yang bersedia untuk mempraktikkannya di sekolah, hal ini dilakukan untuk memperoleh gambaran penggunaan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan terhadap peningkatan keterampilan kolaborasi peserta didik. Hasil uji coba lapangan yang dilakukan oleh peneliti sendiri terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan diperoleh hasil bahwa perangkat yang dikembangkan tersebut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik. Hasil tersebut diperoleh dari perbandingan nilai rata-rata hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan perangkat pembelajaran dengan metode TGT, dimana hasil belajar keterampilan kolaborasi sebelum menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki nilai rata-rata 64.29 dan setelah menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan keterampilan kolaborasi peserta didik meningkat 23% menjadi rata-rata sebesar 87.5. Pengembangkan perangkat pembelajaran kombinasi jalan, lari, lompat dan lempar berbasis Teams Games Tournament untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik dengan model pengembangan 4D. telah dihasilkan produk perangkat pembelajaran yang layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik dan perangkat pembelajaran berbasis Teams Games Tournament (TGT) yang telah dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik.