dc.description.abstract |
ABSTRAK
HUBUNGAN PESEPSI POLA ASUH DEMOKRATIS TERHADAP HARDINESS ACADEMIC SISWA SMK TELKOM BANJARBARU
Hapsari Lintang Sekartaji
Model pembelajaran SMK yang dilakukan lebih banyak praktik, memerlukan kepribadian hardiness academic dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Dalam pembentukan kepribadian tersebut maka perlu persepsi pola asuh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara persepsi pola asuh demokratis dengan hardiness academic siswa SMK Telkom Banjarbaru. Jenis sampling pada penelitian ini adalah purposive sampling, dengan 286 siswa sebagai subjek. Pengumpulan data menggunakan skala persepsi pola asuh demokratis dari Rahman (2008) dan skala hardiness academic dari Benishek dkk. (2005). Analisis data dilakukan dengan metode korelasi product moment pearson. Hasil analisis menunjukkan (R=0,186), ada hubungan yang signifikan antara persepsi pola asuh demokratis dengan hardiness academic pada siswa SMK Telkom Banjarbaru. Nilai korelasi (R=0,186) menunjukkan bahwa kedua variabel berada pada kategori rendah. Nilai r^2 ?(0,186?^2) = (0,035), sumbangan efektif persepsi pola asuh demokratis terhadap hardiness academic hanya sebesar 18,6%. Sementara itu, 81,4% merupakan sumbangan dari berbagai faktor lain yang tidak disertakan pada penelitian ini.
Kata kunci: Persepsi pola asuh demokratis, hardiness academic. |
|