dc.description.abstract |
ABSTRAK
Nia Ramadhini. 2023. Hubungan Pola Asuh Neglectful dan Metode Pembelajaran
Online dengan Stres Akademik Siswa Kelas XI di SMK Negeri 4
Banjarmasin: (I) Dr. Nina Permata Sari, S.Psi, M.Pd. (II) Eklys Cheseda
Makaria, M.Pd.
Kata Kunci : Pola Asuh Neglectful, Metode Pembelajaran Online, Stres
Akademik
Penelitian ini dilakukan berdasarkan peristiwa pandemi covid-19 yang
menerapkan metode pembelajaran online, pembelajaran online bukan sesuatu hal
yang baru di dunia pendidikan. Pada proses ini siswa sebagai anak perlu partisipasi
dan dukungan orang tua untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran online.
Abainya peran orang tua dalam pendidikan dapat berakibat stres akademik, ini
berkaitan dengan pola asuh neglectful. Tujuan Penelitian untuk mengetahui
hubungan dari pola asuh neglectful dan metode pembelajaran online dengan stres
akademik siswa kelas XI di SMK Negeri 4 Banjarmasin.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis
penelitian korelasi. Teknik pengambilan sampling menggunakan teknik random
sampling kepada siswa kelas XI di SMK Negeri 4 Banjarmasin yang pengumpulan
datanya berupa angket dengan sampel yang diambil sebanyak 157 siswa. Analisis
data menggunakan korelasi berganda dan memperhatikan persyaratan uji analisis.
Hasil penelitian menunjukan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 ini berarti antara pola
asuh neglectful dan metode pembelajaran online terhadap stres akademik saling
berkorelasi. Artinya H0 ditolak Ha diterima yaitu terjadi hubungan pola asuh
neglectful (X1) dan metode pembelajaran online (X2) dengan stres akademik (Y).
Sehingga kesimpulannya yaitu ada hubungan antara pola asuh neglectful dan
metode pembelajaran online secara secara simultan terhadap stres akademik siswa
kelas XI di SMK Negeri 4 Banjarmasin. Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik
mengenai penelitian ini dapat mengeksplore berbagai jenis pola asuh yang lain
sebagai variabel berikutnya dan pengambilan sampel memperhatikan jumlah
komposisi populasi agar setara jumlah sampel disetiap jurusan yang berbeda. |
|