Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi dan harapan guru tentang kesiapan sekolah, strategi pembelajaran dan keselarasan pembelajaran kesiapan bersekolah peserta didik PAUD satu tahun pra SD dengan pembelajaran SD kelas awal. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian multiple case study. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis data individu dan lintas kasus dengan menggunakan model Miles & Huberman yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) persepsi kesiapan guru untuk bersekolah adalah berbagai kemampuan siswa yang meliputi enam aspek perkembangan dan pengaturan diri anak, kecukupan usia dan kecukupan motivasi dan minat belajar; 2) strategi pembelajaran kesiapan sekolah dengan pendekatan tematik dan saintifik serta model pembelajaran berdiferensiasi; 3) lingkungan belajar yang mendukung kesiapan sekolah adalah penataan kelas yang klasikal dan menarik, 4) keselarasan pembelajaran antara keduanya meliputi selaras materi dan metode, dan diwujudkan melalui kerjasama antara PAUD dan SD serta orang tua siswa .
KATA KUNCI: keselarasan, pembelajaran, kesiapan sekolah