Repo Mhs ULM

Manajemen Risiko Pembangunan Jalan Akses Baru Bandara Syamsudin Noor Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan  (Studi Kasus Rencana Pembangunan Akses Timur)

Show simple item record

dc.contributor.author Ahmad Amin
dc.date.accessioned 2023-06-08T14:06:23Z
dc.date.available 2023-06-08T14:06:23Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/38372
dc.description.abstract ABSTRAK MANAJEMEN RISIKO PEMBANGUNAN JALAN AKSES BARU BANDARA SYAMSUDIN NOOR PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN SELATAN (STUDI KASUS RENCANA PEMBANGUNAN AKSES TIMUR) Ahmad Amin 1920828310013 Dr. Aqli Mursadin, S.T., M.T. Ph.D Risiko – risiko yang terdapat pada proyek konstruksi sangat banyak, namun hanya beberapa risiko yang perlu dijadikan skala prioritas . Oleh karena itu pihak – pihak di dalam proyek konstruksi perlu memberi prioritas pada risiko – risiko yang penting yang akan memberikan pengaruh terhadap keuntungan proyek . Untuk mengetahui identifikasi risiko yang dominan pada proyek dilakukan dengan cara membagikan kuisioner kepada 23 orang responden yang terdiri dari 6 orang koresponden dari Dinas PUPR Provinsi Kalsel selaku pemilik proyek, 12 orang responden dari pihak penyedia jasa, dan 5 orang responden dari konsultan supervisi yang terlibat langsung dalam kegiatan proyek pembangunan jalan akses baru bandara Syamsudin Noor. Berdasarkan hasil analisis data dan validasi diperoleh adanya 39 risiko keamanan dari 9 sumber risiko, yaitu unsur Politik (Political), Ekonomi (Economic), Lingkungan (Environment), Keuangan (Financial), Alami (natural), proyek (project), Teknis (Technical), Manusia (Human) dan Keselamatan (safety). Dilihat dari analisis tingkat penerimaan risiko , risiko dominan pada penelitian ini adalah unacceptable dan undesirable. Dari segi dampak risiko terhadap keterlambatan proyek terdapat 4 risiko (10%) unacceptable dan 10 risiko (26%) undesirable. Dari segi dampak risiko terhadap finansial terdapat terdapat 1 risiko (3%) unacceptable dan 5 risiko (13%) undesirable. Kata Kunci: Identifikasi Risiko, Mitigasi Risiko, Risiko Proyek, Skala Prioritas
dc.title Manajemen Risiko Pembangunan Jalan Akses Baru Bandara Syamsudin Noor Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan  (Studi Kasus Rencana Pembangunan Akses Timur)


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account