Abstract:
Penggunaan media pembelajaran interaktif saat ini sangat diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang berkualitas, meningkatkan minat dan kemandirian siswa dalam belajar. Pendekatan contextual teaching learning dapat diimplementasikan dalam media pembelajaran interaktif. Pendekatan ini menekankan pada pembelajaran yang menghubungkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa untuk meningkatkan minat belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi suhu dan kalor dengan pendekatan contextual teaching learning dan mengetahui kelayakan dari media pembelajaran yang dihasilkan. Metode yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah penilaian validitas, angket, dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar penilaian validasi materi dan media, angket respon guru dan siswa, lembar keterlaksanaan RPP dan instrumen tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi suhu dan kalor dengan pendekatan contextual teaching learning dan media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid berdasarkan penilaian validitas materi termasuk dalam kategori sangat tinggi dan validitas media termasuk dalam kategori tinggi, praktis berdasarkan hasil respon guru dan siswa sangat positif serta keterlaksanaan RPP dalam kriteria sangat baik, dan efektif berdasarkan persentase ketuntasan siswa telah mencapai ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi suhu dan kalor dengan pendekatan contextual teaching learning dinyatakan layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran.