Abstract:
Perkembangan teknologi telah memberikan dampak besar pada dunia pendidikan
saat ini. Teknologi yang muncul di zaman modern ini sebagai salah satu faktor
penunjang kegiatan pembelajaran untuk mencapai hasil yang maksimal dan
meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah:
(1) mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif berbasis web untuk
mata pelajaran Matematika materi Hubungan Antar Garis; (2) untuk mengetahui
tingkat kelayakan dari media pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari
validitas, kepraktisan dan efektivitas. Untuk model pengembangan yang digunakan
pada penelitian ini adalah model ADDIE yaitu Analyze (Analisis), Design
(Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi)
dan Evaluation (Evaluasi). Kevalidan media didapat dari lembar validasi materi dan
lembar validasi media. Untuk teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah
dengan menggunakan kuesioner. Instrumen penelitian terdiri dari kuisioner dan
teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Subjek uji coba
pada penelitian ini adalah 23 orang peserta didik kelas IV A SDN Teluk Dalam 3
Banjarmasin. Hasil penelitian, telah dikembangkannya media pembelajaran
interaktif berbasis web untuk mata pelajaran Matematika materi Hubungan Antar
Garis dengan menggunakan teknologi HTML, CSS, Javascript, JSON, Mathjax,
Netlify, Microsoft Power Point dan Firebase. Dari hasil validitas materi dan media
diperoleh persentase capaian dengan kategori sangat tinggi. Media pembelajaran
dikatakan efektif dalam kategori tinggi ditinjau dari hasil belajar siswa dengan
perolehan skor N-Gain sebesar 0,7. Sedangkan tingkat kepraktisan media
pembelajaran dari hasil tanggapan guru dan siswa terhadap penggunaan media
menunjukkan respon positif. Sehingga media pembelajaran interaktif yang telah
dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.