Abstract:
ABSTRAK
Hayati,Fauziah,2022. Strategi Meningkatkan Minat Siswa Kelas V Dalam
Pembelajaran Seni Tari Di UPTD SD Negeri 1 Benua Raya Bati Bati Kabupaten Tanah Laut. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin,Pembimbing (I) Dr. Tutung Nurdiayana, S.Sos, M, A, M.Pd. (II) Sulisno, S.Sn., MA
Kata Kunci:Stategi Pembelajaran, Minat,Faktor Penghambat Pendukung
Efektivitas pembelajaran bergantung dengan strategi pembelajaran yang digunakan. Strategi pembelajaran terdiri dari metode, teknik, dan prosedur. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi, fator pendukung dan penghambat, serta minat siswa dalam pembelajaran seni tari di kelas lima UPTD SDN 1 Benua Raya. Mengumpulkan data menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian, hasil yang diperoleh yaitu: strategi yang digunakan yaitu strategi kooperatif, metode dan teknik yang digunakan dengan metode ceramah, demonstrasi, dan latihan empat kali pertemuan. Faktor pendukung meliputi guru, sarana dan prasarana,dan orang tua. sedangkan faktor penghambat nya adalah orang tua, lingkungan, dan peserta didik. Skor penilaian keseluruhan dari hasil tes lisan, tes tertulis, tes praktek yaitu 60% siswa mendapatkan nilai baik 40% siswa mendapatkan nilai cukup baik.