Repo Mhs ULM

PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATEMATIKA PADA MATERI BARISAN DAN DERET MENGGUNAKAN KONTEKS ETNOMATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Show simple item record

dc.contributor.author Nanda Lascoba Pramanata
dc.date.accessioned 2023-06-08T14:23:32Z
dc.date.available 2023-06-08T14:23:32Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/38510
dc.description.abstract PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATEMATIKA PADA MATERI BARISAN DAN DERET MENGGUNAKAN KONTEKS ETNOMATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (Oleh: Nanda Lascoba Pramanata; Pembimbing: Noor Fajriah, Yuni Suryaningsih; 2023; 104 Halaman) ABSTRAK Pada proses pembelajaran, peserta didik terkadang kesulitan dalam memahami materi dan juga soal-soal yang diberikan. Hal ini dapat diamati ketika peserta didik diberikan soal-soal yang levelnya lebih sulit dan jika dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Salah satu perangkat pembelajaran yang dapat menunjang peserta didik agar peserta didik dapat memahami materi pelajaran lebih mendalam adalah modul ajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul ajar yang valid, praktis, dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Tahap yang dilakukan pada penelitian ini adalah tahap Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Kriteria kevalidan modul ajar yang dikembangkan di dalam penelitian ini dinilai berdasarkan hasil dari validasi ahli (expert appraisal) oleh dua orang validator menggunakan lembar validasi. Hasil uji validitas modul ajar yang dikembangkan di dalam penelitian ini memperoleh nilai rata-rata, yaitu 4,3490 dan dengan kriteria “Valid”. Kriteria kepraktisan modul ajar yang dikembangkan di dalam penelitian ini dinilai berdasarkan hasil dari angket respons peserta didik dengan memperoleh nilai rata-rata, yaitu 4,2409, dengan kriteria “Praktis”. Kriteria keefektifan modul ajar yang dikembangkan di dalam penelitian ini dinilai berdasarkan tes hasil belajar dengan memperoleh persentase nilai rata-rata, yaitu 87,5?ngan kriteria “Efektif”. Kata kunci: Modul ajar, matematika, barisan dan deret, etnomatematika, pembelajaran berbasis masalah.
dc.title PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATEMATIKA PADA MATERI BARISAN DAN DERET MENGGUNAKAN KONTEKS ETNOMATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account